OH Khoiru Ummah

Oleh : Sumiati 
Praktisi Pendidikan 

Sabtu,14 Desember 2019, STPKU Tingkat Dasar Rancaekek Bandung menggelar Open Hous, di KampusKu, dengan tema _pesantrenku_ dihadiri puluhan peserta dari usia 4, 5 tahun dan ada juga yang kelas 1 dan 2 SD. Semangat dari semua peserta, begitu antusias mengikuti kegiatan tersebut, ada tahfidz, tahsin, sains dan lain-lain. Tidak lupa kami pun menyediakan snack dan makan siang halal dan thayyib. Respon anak-anak positif, ada yang mengatakan makanannya enak, ada juga yang mengatakan, aku mau sekolah di sini. Alhamdulillah barakallaah untuk semua anak-anak hebat. Di hari ke dua pesantren anak-anak dilanjutkan hingga dzuhur. Alhamdulillah tuntas membahagiakan. 

Pukul 13. 00 dilanjutkan dengan acara _seminar parenting_ Resolusi Akhir Tahun, dengan tema : _Membangun Keluarga Ahli Surga_, bersama Ustad Yuana Ryan Tresna, M. Ag ( Mudir Ma'had Khodimus Sunah Bandung ). Acaranya berpindah ke Masjid As Saied Rancaekek Bandung yang posisinya di sebelah kiri kampusKu. 

Alhamdulillah peserta memenuhi masjid, diantara peserta ada orang tua murid, orang tua peserta pesantrenKu dan warga sekitar Rancaekek, pemaparan dari Ustad diikuti dengan khidmat oleh seluruh mustami. Banyak ilmu yang didapatkan diantaranya : 

7 Investasi abadi :
1. Mengajarkan ilmu ( menjadi guru bagi anak sendiri / Al ummu al madrasatul ulaa )
2. Mengalirkan air untuk umum
3. Menggali sumur untuk umum
4. Menanam pohon untuk umum
5. Membangun masjid
6. Wariskan mushaf
7. Meninggalkan anak-anak sholeh yang senantiasa mendoakan orangtuanya

Kunci mendidik anak ada 5 :

1. Keikhlasan
2. Keteladanan
3. Doa
4. Kesabaran
5. Kasih sayang

Tujuan pendidikan :

1. Ibadah
2. Khalifah fil Ardi : pemimpin pengaturan bumi.
3. Menjadi anak sholeh.
4. Ulul Albab
5. Mengamati alam semesta ciptaan Allah agar semakin taqwa
6. Menjadi penyejuk pandangan & pemimpin orang-orang  bertaqwa.
Sebagaimana Firman-Nya :

وَٱلَّذِينَ يَقُولُونَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَٰجِنَا وَذُرِّيَّٰتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَٱجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا ﴿٧٤﴾

"Dan orang orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa."

(Q.S.25:74)

7. Khoir Ummah
Allah Swt berfirman :

كُنتُمْ خَيْرَ أُمَّةٍ أُخْرِجَتْ لِلنَّاسِ تَأْمُرُونَ بِٱلْمَعْرُوفِ وَتَنْهَوْنَ عَنِ ٱلْمُنكَرِ وَتُؤْمِنُونَ بِٱللَّهِ ۗ وَلَوْ ءَامَنَ أَهْلُ ٱلْكِتَٰبِ لَكَانَ خَيْرًا لَّهُم ۚ مِّنْهُمُ ٱلْمُؤْمِنُونَ وَأَكْثَرُهُمُ ٱلْفَٰسِقُونَ ﴿١١٠﴾

"Kamu adalah umat yang terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma'ruf, dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah. Sekiranya Ahli Kitab beriman, tentulah itu lebih baik bagi mereka, di antara mereka ada yang beriman, dan kebanyakan mereka adalah orang-orang yang fasik."

(Q.S.3:110)

Arti pendidikan :

1. Berkepribadian Islam
2.  Faqih fiddiin
3. Ilmuwan
4. Taqwa

Prioritas pendidikan :
1. Iman
2. Adab
3. Ilmu
4. Amal shaleh
5. Dakwah

5 Marhalah belajar :
1. Diam
2. Mendengar
3. Hapal & paham
4. Mengamalkan
5. Menyebarkan

Kisah kesabaran : dalam kitab
Syaikh Abdul Fattah ghudah kitab shafar min shabril ulama

Kisah ulama dalam menghargai waktu :
Dalam kitab Qimatuz zaman indal ulama

Cara Membangun sinergi antara ayah & ibu dalam mewujudkan keluarga ahli surga :
1. Paham peran masing-masing suami, istri, ayah, & ibu. Memiliki mindset yang sama.
Penanggung jawab utama terhadap pendidikan anak ada pada ayah baru ibu. Karena  yang pertama dihisab adalah ayah.

2. Pembagian tugas oleh ayah, sedangkan teknis oleh ibu contoh : antar jemput anak, mengajarkan & memberi pendidikan anak di rumah saat ayah kerja (kurikulum pendidikan yang sudah disepakati bersama).

3. Meningkatkan ilmu menjadi orang tua. Ilmu menjadi suami & istri. Sudah pasti harus dikuasai. Buku referensi : Fiqhul UMM( fiqh ibu), mas'uliyatul abb, adabul Islam dalam pengaturan keluarga.

Wallahu 'alam bishshawab

Post a Comment

Previous Post Next Post