Membuka Hp Suami Tanpa Izin, Bolehkah?

Oleh : Lina ummu Najah

Bagi sebagian para istri terkadang suka penasaran dengan isi hp suami, entah mungkin karena kepo tentang apa aja yang menjadi urusan suami nya atau suaminya chat dengan siapa aja, atau cuma sekedar iseng-iseng liat isi chat-chat nya.., atau memang curiga khawatir suaminya chat yang nggak nggak dengan wanita lain?  

Terlepas dari itu semua sebenarnya boleh nggak sih, seorang istri membuka buka isi hp suami? apakah memang  dalam hubungan suami istri pun ada wilayah private dimana istri atau pun suami nggak mesti tau semuanya?

yuk kita simak ulasannya..

hubungan suami istri dalam islam adalah hubungan persahabatan dimana satu sama lain harus saling percaya dan terbuka,apa jadinya bila suami atau istri  tidak saling percaya satu sama lain  yg ada hanya kecurigaan  dan kecurigaan, padahal sejatinya pondasi dalam rumah tangga adalah saling percaya dan ini yang menjadi modal agar hubungan suami istri semakin langgeng. 

lalu kaitannya dengan membuka buka hp bagaimana? apakah memang ada wilayah private yang memang tidak boleh istri atau suami tau?  


Tentu ini pun berkaitan dengan bagaimana menjaga wilayah private masing2 meski sudah menjadi suami atau istri tetap harus punya wilayah private dimana istri atau pun suami nggak mesti tau semuanya. 

HP adalah termasuk wilayah pribadi/private dimana nggak boleh semua orang tau isi di dalamnya. jadi nggak mesti semuanya harus di ketahui oleh istri. suami chat sama siapa aja? suami berteman dengan siapa aja?

jadi bila ingin membuka atau memegang hp suami maka harus izin terlebih dahulu

Dan bila kita masih sering kepo, atau curiga dengan sering membuka buka hp suami tanpa seizinnya, maka  bisa jadi ini termasuk kedalam hukum tajassus.. nah lho..!

apa itu tajassus ? tajassus adalah memata matai. dalam islam memata matai seorang muslim hukumnya haram  dalilnya Allah SWT berfirman :

"Hai orang-orang yang beriman, jauhilah oleh kalian kebanyakan prasangka ( kecurigaan) karena sebagian dari prasangka itu adalah dosa. janganlah kalian memata matai( mencari cari) keburukan orang.... "( T. q.s. al hujarat :12). 

so, bila  suami mengizinkan untuk istri  membuka buka hp suami maka silahkan.. 
namun bila suami melarang,maka jangan sampai  kita membuka buka diam diam  tanpa seizinnya. 

percayakan saja pada suami bahwa suami  nggak akan macam macam.  dan suami yang sholeh tentu tidak ada yg di tutupi tutupi dari istrinya. 

maka disinilah di tuntut untuk sama sama saling percaya dan saling  meningkatkan keimanan bahwa Allah maha mengawasi di setiap gerak gerik kita, tidak akan pernah luput apa yang kita lakukan  dari pengawasan Allah dan malaikat Nya dan kita akan mempertanggung jawabkan nya nanti di Yaumil hisab.

Toh bila memang suami macam macam , Allah sendiri yang akan membuka nya.. 

Tugas istri hanyalah taat. 

Wallahu'alam bishowab .. 

semoga bermanfaat ...

Post a Comment

Previous Post Next Post