N3 Limapuluh Kota - Guna membangun jiwa kewirausahaan sejak dini kepada anak-anak, Taman kanak-kanak (TK) Pertiwi Kabupaten Limapuluh Kota menggelar Market Day di Halaman kantor bupati lama, Payakumbuh, Sabtu- Minggu (2-3/3).

Kegiatan ini dibuka secara resmi bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi. Ikut hadir, kepala dinas pendidikan Limapuluh Kota, Hj Indrawati Munir, kepala OPD beserta undangan lainnnya. Terlihat, para siswa, orang tua dan guru menjajakan aneka dagangannya di stand masing-masing.

"Kita sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar TK Pertiwi ini, selain menanamkan jiwa kemandirian sejak dini, juga mampu menciptakan kerjasama antara orang tua dan anak. Semoga melalui kegiatan ini akan lahir anak-anak yang mandiri dan mampu menjadi wirausahawan yang cerdas, kreatif dan berakhlak mulia sejak dini,”ujar Irfendi Arbi dalam sambutannya membuka kegiatan tersebut.

Menurutnya, kegiatan ini mejadi pelajaran bagi anak-anak dalam kebiasaan berdagang dan berwiraswasta sejak dini, selain itu juga menciptakan keberanian dan keparcayan anak-anak untuk bisa berbelanja sendiri.

"Kegiatan seperti ini sangat baik dalam menunjang kaerakter ana. Sehingga akan lahir, anak-anak yang cerdas, berani dan berakhlak di kabupaten ini,"pungkasnya.

Sementara itu, panitia pelaksana market Days, Hj Henny Tanjung dalam sambutannya menyebutkan kegiatan yang bekerjasama dengan beberapa sponsore ini diikuti sebanyak 506 sekolah PAUD/TK se kabupaten Limapuluh Kota dan Kota Payakumbuh.

"Ini salah satu program kami, dibawah pembinanan dinas pendidikan dalam mengajarkan jiwa kewirausahaan sejak dini kepada anak-anak,"ujarnya.

Menurutnya, hal ini sengaja diinisiasi TK Pertiwi dengan tujuan untuk menanamkan sejak dini kepada anak-anak bagaimana proses kegiatan pasar, mengetahui jual beli barang, belajar bagaimana merasakan peran menjadi penjual maupun pembeli, bagaimana mengaplikasikan matematika, menghitung, menambah, mengurangi, khususnya dalam proses jual beli, dan barang dagangan.

Dikatakannya, dalam kegiatan ini para orang tua juga dilibatkan ikut aktif ambil bagian dalam proses pembelajaran ini. Market Day juga menampilkan hasil karya keterampilan para siswa dan anak.

Pantauan dilapangan, antusias peserta dan pembeli sangat banyak dalam kegiatan kali ini, mereka terlihat sangat antusias menawarkan jualan mereka, mulai dari aneka jenis kue, keraninan tangan,hingga alat tulis sekolah seperti pensil, buku dan penggaris. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. (Rahmat Sitepu)
 
Top