Apel Gelar Pasukan Persiapan Pengamanan Pemilu 2019



N3 Mentawai- Dalam rangka persiapan Pemilu 17 April 2019 mendatang. Polres kepulauan Mentawai menggelar Apel gelar pasukan dan Apel besar Potensi Masyarakat dengan tema melalui gelar pasukan mantap brata 2019, kita tingkatkan sinergi Polri dengan Instansi dalam mewujudkan Keamanan dalam Negri yang Kondusif.

“Melalui apel Polri dan TNI bersinergi bersama, Bawaslu, KPU dan Stakeholder bersama menjaga Pemilu di kabupaten kepulauan Mentawai menjadi Aman, Damai dan Sejuk serta terkendali,” ucap Kapolres Mentawai AKBP Hendri Yahya kepada Wartawan. Jumat, (22/03) di Mapolres kepulauan Mentawai.

Ia menambahkan, Sehingga dalam Pelaksanaan Apel gelar Pasukan ini TNI, POLRI, KPU dan Bawaslu bersinergitas dengan Stacholder dalam pengamanan Pemilu mendatang, baik Pemilu legislatif maupun Pilpres.

“Personil Polres Mentawai dikerahkan 300 ditambah BKO Polda sekitar 75 Personil kemudian dibantu TNI dan Linmas berjumlah 630 Personil,” paparnya.

Secara umum, ada tiga lokasi yang diamankan yaitu daerah rawan 1 atau daerah yang berada diwilayah terpencil seperti Pulau Siberut, Pagai utara dan Pagai selatan. Selanjutnya Rawan 2 Wilayah yang kemungkinan melakukan Aksi Anarkis. Kemudian Rawan 3 Wilayah yang dalam kategori Aman.

“Untuk daerah kepulauan Mentawai kita hanya ada Wilayah Rawan 1 yang sulit dijangkau seperti daerah Siberut dan Pagai utara dan pagai Selatan, dan untuk daerah Rawan 2 saat ini belum  ada temuan,” terang Hendri Yahya.

Sebagai Antisipasi pihaknya telah melakukan Koordinasi dengan TNI AD,TNI AL dan segala lapisan Masyarakat. Salah satunya, keamanan dalam mendisribusikan kotak suara sampai kedaerah terpencil bersama Bawaaslu, KPU dan Stakeholder yang ada.

“Mohon Do’anya, kepada Tokoh Masyarakat bersama menjaga keamanan dan ketertiban pelaksanan Pemilu 17 April Mendatang. Kita sama-sama berdoamudah-mudahan pelaksanaan Pemilu 2019 aman, Sejuk dan Damai.” tutupnya.

Sementara Dandim 0319 Mentawai Letkol. Czi Didid Yusnadi mengatakan, untuk mendukung Polres Mentawai dalam pengamanan Pemilu 2019 tersebut. Ada sebanyak 76 personil disetiap Koramil Siberut dan Sikakap dan 30 personil di Sipora utara dan selatan.

“Total keseluruhan 76 Personil kita siap siagakan untuk mendukung Polri. Ada 10 Personil masing-masing Koramil. Namun, 30 Personil khusus Wilayah Pulau Sipora dan kita berharap mampu membackup Polres melaksanakan tugas,” ungkapnya.

Danlanal Mentawai Letkol. Laut Anis Munandar mengatakan, pada Pemilu 2019 ini kita berkordinasi dan bersinergitas dengan dengan semua Stakeholder. Pihaknya, mengerahkan 20 personil disetiap pos di Siberut dan Sikakap guna menjaga disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Melalui Pos Personil kita memantau langsung dari lokasi Dan untuk wilayah pulau Sipora sekira 15 Personil tentunya tidak lepas dari kerjasama Stakeholder dan tokoh Masyarakat setempat,”ungkapnya.

Pada apel tersebut turut Hadir Ketua Bawaslu, Ketua KPU, Kepala Satpol PP, Kepala BPBD, Kepala SAR dan Kepala OPD. (Jaibi)

Post a Comment

Previous Post Next Post