N3 Payakumbuh - Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) memberikan pembinaan wawasan kebangsaan kepada ratusan siswa SMA se Kota Payakumbuh. Acara berlangsung Senin (25/02) di Aula UPTD Pusat Pelatihan Peternakan Provinsi Sumatera Barat, Kelurahan Ibuh.
Kegiatan pembinaan digelar agar generasi muda memahami pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa sebagai sendi kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
“Kita ingin tanamkan rasa persatuan, nasionalisme dan cinta tanah air kepada para siswa, agar mereka menjadi garda terdepan dalam mempertahankan keutuhan NKRI,” ujar Kakan Kesbangpol, Budi Permana saat ditemui dilokasi acara.
Dikatakan, para siswa akan dibekali pemahaman tentang nasionalisme. Bagaimana nilai-nilai bangsa, upaya penguatan kebangsaan, kerangka berpikir berdemokrasi dan lain-lain.
“Kita mendatangkan pemateri yang handal dari Pemprov Sumbar untuk memberikan pemahaman tentang nilai-nilai bernegara dan berdemokrasi. Para siswa bisa memaknai apa itu nasionalisme, kehidupan bernegara dan bertanah air,” ucapnya.
Sementara Walikota Payakumbuh, Riza Falepi diwakili Asisten I Setdako, Yoherman mengatakan wawasan berkebangsaan ini sangat penting ditanamkan sejak awal kepada generasi muda.
“Kita berharap dari kegiatan ini muncul rasa persatuan, persaudaraan dan nasionalisme dikalangan generasi muda. Seperti, jika ada suatu daerah yang terkena bencana, maka ada kepedulian yang muncul untuk membantu,” ucap Yoherman.
Dikatakan, nilai-nilai kebangsaan seperti Bhineka Tunggal Ika, musyawarah mufakat dan gotong royong mulai asing dikalangan generasi muda. Dirinya berharap, kegiatan itu mampu menyadarkan generasi muda akan arti penting nilai-nilai tersebut.
“Bangsa Indonesia ditakdirkan majemuk. Terdiri dari beragam suku, agama, adat dan budaya. Perbedaan bukan faktor penghambat, tapi sumber kekuatan untuk melangkah maju menjadi bangsa yang besar, mari kita rawat kebhinekaan itu,” pungkas Yoherman. (Rel/Rahmat Sitepu)
 
Top