Saka Wira Kartika Dibekali Materi Survival

MAGELANG --- Dalam Kemah Bakti Saka Wira Kartika tahun 2018, Bati Wanwil Koramil 14 / Muntilan Kodim 0705 / MGL, Pelda Supriyanto berikan materi leadership (Kepemimpinan) dan survival kepada para peserta Kemah bhakti tahun 2018, yang digelar di Bumi Perkemahan Wana Pertiwi Dusun Kemiriombo Desa Ngawen Muntilan, Sabtu (20/10) lusa.

Pelda Supriyanto menyampaikan, dengan materi  kepemimpinan dan survival ini diharapkan agar para  peserta kemah bhakti ini mempunyai jiwa kepemimpinan, diantara taqwa yang merupakan landasan moral seorang pemimpin, selain itu pemimpin juga harus bisa memberikan contoh serta menggugah semangat ditengah-tengah anggotanya serta sanggup dan berani memberi koreksi.

Selain sifat-sifat diatas, diharapkan seorang pemimpin juga bisa bertingkah laku sederhana dan tidak berlebih-lebihan, mempunyai loyal timbal balik yakni loyal keatas, kebawah maupun kesamping. Dan yang tidak kalah pentingnya pemimpin itu harus bertanggung jawab atas tindakannya dan pada waktunya ikhlas menyerahkan tanggung jawab dan kedudukan kepada generasi berikutnya.

Kemudian sebagai seorang Pramuka juga harus mempunyai bekal Survival sehingga mampu mempertahankan diri dari situasi dan keadaan apapun juga. "Seorang pramuka harus mampu mempertahankan diri dari keadaan yang buruk dan kritis," katanya.

Dalam kondisi seperti ini tantangan seorang survivor yang sangat dominan adalah sikap mental atau psikologis untuk mencari kebutuhan tubuh, karena untuk memperolehnya dibutuihkan gagasan-gagasan dengan dasar pertimbangan dari pengalaman atau pendidikan yang pernah diikutinya. Pengalaman hidup dengan resiko tinggi dan aktivitas menantang terbukti dapat membuat orang belajar untuk berbuat yang lebih baik dan melakukan adaptasi efektif.
Previous Post Next Post