Penyandang Disabilitas 50 Kota Dibekali Pelatihan Keterampilan Di Palembang

N3 Limapuluh Kota - Bupati Limapuluh Kota H. Irfendi Arbi terus menunjukan kepeduliannya terhadap Penanganan Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di daerahnya. Kali ini Irfendi Arbi mengirimkan para penyandang disabilitas mengikuti pelatihan keterampilan Panti Sosial Bina Daksa (PSBD) Budi Perkasa Palembang.

 
“Kita ingin penyandang disabilitas fisik ini memiliki keterampilan agar nantinya bisa hidup mandiri,” ungkap Bupati Irfendi Arbi didampingi Kepala Dinas Sosial Kabupaten Limapuluh Kota Harmen, SH saat melepas keberangkatan para penyandang disabilitas fisik bertempat di rumah dinas bupati, Senin (9/7).

Menurut Irfendi, mereka yang kekurangan secara fisik tersebut harus bisa beraktifitas dan berusaha ekonomi seperti manusia normal lainnya. Untuk itu, mereka harus dibekali keterampilan sesuai minat dan bakatnya.

Selain pengiriman pelatihan ke PSBD Budi Perkasa di Kota Palembang, untuk membekali para penyadang disabilitas tersebut, Pemkab Limapuluh Kota juga akan melaksanakan pelatihan home care bagi penyandang disabilitas fisik dan mental. Program home care ini bakal di gelar di Kabupaten Limapuluh Kota dengan instruktur dari PSBD Budi Perkasa Kota Palembang dan Panti Sosial Bina Laras (PSBL) Guna Dharma Bengkulu.

“Tidak saja mengirim ke panti sosial, kita juga bakal melaksanakan pelatihan home care bagi penyandang disabilitas fisik dan mental di daerah ini dengan peserta masing-masingnya 40 orang,” ujar Irfendi Arbi.

Irfendi menyebut tidak mau penyandang disabilitas di daerahnya terabaikan, sebaliknya harus ditangani daerah dengan sebaik-baiknya.

“Kita tidak mau penyandang disabilitas itu tidak tertangani sebagaimana mestinya. Begitu juga terhadap disabilitas mental, jangan lagi dibiarkan dipasung karena itu melanggar Hak Asasi Manusia,” ujar Irfendi.

Pengiriman peserta pelatihan itu didapatkan oleh fakhrul Razy (21), Gilang Pamungkas (18) dan Alam Juli Firdaus (18). Dalam kesempatan itu Bupati Irfendi Arbi juga menyerahkan bantuan sejumlah uang bagi ketiganya.

Beberapa hari sebelumnya, Direktur Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Kementerian Sosial RI Rachmat Koesnadi, S.Sos, M.Si pada acara koordinasi penanganan PMKS dan pelaksanaan gerakan stop pemasungan di pendopo rumah dinas bupati, mengapresiasi Bupati Irfendi Arbi yang peduli dengan masalah sosial dan juga telah berinovasi bagi penyandang disabilitas di daerahnya

“Saya melihat Bupati Irfendi Arbi benar-benar peduli dengan masalah sosial di tengah masyarakatnya. Lebih dari itu, saya mengapresiasi inovasi Bupati Irfendi Arbi yang telah mendirikan Unit Informasi Layanan Sosial (UILS) buat membantu penyandang disabilitas mental atau penyandang gangguan jiwa di daerah ini,” ungkap Rachmat (Rahmat Sitepu)

Post a Comment

Previous Post Next Post