Bupati Irfendi Himbau Wujudkan Pilwanag Badunsanak


N3 Limapuluh Kota – Bupati Limapuluh kota H. Irfendi Arbi mengajak semua pihak ikut mensukseskan pemilihan wali nagari (Pilwanag) secara serentak yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Maret 2018. Ia berharap, pesta demokrasi itu berjalan baik dan tidak merusak persatuan serta kesatuan di tengah masyarakat.

“Kita ingin pelaksanaan Pilwanag yang direncanakan dalam waktu dekat ini berjalan dengan baik, tertib, lancar dan aman. Kita menghimbau semua pihak untuk sama-sama menciptakan Pilwanag yang damai,” tutur Bupati Irfendi ketika memantau langsung tahapan Pilwanag di Nagari Andaleh Kecamatan Luak, baru-baru ini.

Dikatakan, Pilwanag yang bakal digelar dua pekan mendatang itu merupakan salah satu agenda penting pemerintah daerah yang harus disukseskan. Masyarakat diharapkan benar-benar menggunakan hak pilihnya sekaligus ikut menjaga keamanan dan kelancaran pesta demokrasi tersebut.

 “Pilwanag ini adalah tangung jawab kita bersama. Pesta demokrasi itu harus berjalan lancar dalam nuansa badunsanak dan jangan sampai diwarnai konflik,” ujar Irfendi.

Menurutnya, konflik bisa saja muncul dengan berbagai trik. Salahsatunya dengan memunculkan hoax atau berita bohong yang menyudutkan atau menjelek-jelekan calon tertentu, atau pratek curang dan kampanye hitam lainnya.

“Media sosial dewasa ini semakin banyak digunakan buat menyebarkan hoax. Kita tentu tidak ingin Pilwanag yang akan dilaksanakan nantinya juga diwarnai berita-berita bohong tersebut,” tutur Irfendi.

Begitu juga terhadap pihak panitia, Irfendi berharap siap melaksanakan semua tahapan pesta demokrasi itu sesuai rencanakan. Sementara kepada calon wali nagari yang akan bersaing dalam Pilwanag tersebut, harus komit untuk menciptakan pemilihan yang badunsanak.

Tak kalah pentingnya, lanjut Irfendi, Organisasi Perangkat daerah (OPD) terkait juga harus menggencarkan sosialisasi tentang Pilwanag ini ke tengah masyarakat, agar masyarakat dan calon walinagarinya memahami semua peraturan terkait dengan pesta demokrasi tersebut.

Terpisah Sekretaris Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Nagari Kabupaten Limapuluh Kota Usman menyebut, Pilwanag itu bakal digelar di sembilan nagari di lima kecamatan yang masing-masingnya, Nagari Muaro Paiti dan Gelugur Kecamatan Kapur IX, Nagari Pangkalan Kecamatan Pangkalan, Nagari Guguak VIII Koto, VII Koto Talago dan Sungai Talang Kecamatan Guguak, nagari Andaleh Kecamatan Luak dan Nagari Situjuah Batur dan Situjuah Tungka Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

Dikatakan Usman, saat ini proses Pilwanag itu sudah berada pada tahap melengkapi administrasi bakal calon (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post