Bappeda Payakumbuh Gelar Pelatihan SIPPD & e-MUSRENBANG Bagi Admin Dan Operator OPD

N3 Payakumbuh  - Dalam rangka peningkatan sumber daya perangkat daerah untuk pengoperasian aplikasi e- Musrenbang dan Sistem Informasi Perencanaan Pembangunan Daerah (SIPPD), Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) kota Payakumbuh mengadakan kegiatan pelatihan bagi admin dan operator selema dua hari, 6-7 Desember di Aula lantai II, Kantor Bappeda Jalan Rky. Rasuna Said.

Pelatihan yang berakhir pada, Kamis (7/12) ditutup oleh Kepala Bappeda Rida Ananda dihadapan peserta yang berasal dari seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Kota Payakumbuh serta sejumlah narasumber yang berasal dari Bappeda sendiri.

Dalam sambutan penutupannya, Rida Ananda menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk peningkatan SDM admin e-Musrenbang juga peningkatan wawasan admin dalam proses perencanaan partisipatif pembangunan daerah.

"Peserta pelatihan diharapkan mampu mengoperasikan aplikasi dan sistem ini, serta peningkatan wawasan admin tentang mekanisme perencanaan partisipatif dari usulan yang masuk dari masyarakat," kata Rida Anada.

Ditambahkan Rida Ananda, mekanisme perencanaan partisipatif tersebut telah tertuang dalam peraturan Walikota Payakumbuh dan diharapkan admin bisa mempelajarinya dengan baik dan diaplikasikan di OPD masing-masing.

"Proses serta kriteria perencanaan partisipatif dan perencanaan bottom up telah diatur dalam Perwako No 40 Tahun 2017 tentang Pedoman Teknik Pelaksanaan Perencanaan Pembangunan Partisipati.

Dan peserta diharapkan dapat mengikuti pelatihan ini dengan sebaik-baiknya dan mempelajari apa yang tertuang didalam pedoman perwako tersebut untuk diterapkan di OPD masing-masing," pungkas Rida Ananda. (Rahmat Sitepu)
Previous Post Next Post