Dampak Buruk Ketika Gatal

Terkadang kita nggak sadar memperlakukan bagian tubuh tertentu dengan keliru. Misalnya, ketika ada bagian tubuh yang gatal tergigit nyamuk, otomatis kita menggaruknya. Atau ketika ada uban di rambut dan terasa gatal, tangan kita nggak tahan untuk segera mencabutnya.

Padahal, jika kebiasaan ini terus dilakukan, dampaknya akan berbahaya meskipun kita merasa lebih baik setelah melakukan hal tersebut. Nah, baiknya kamu perhatikan untuk nggak sembarangan memperlakukan bagian-bagian tubuh ini. Berikut bocorannya!

** Kita memang suka refleks menggaruk kulit yang gatal karena digigit nyamuk, bukannya sembuh justru tambah gatal lukanya

jangan digaruk, ya! 

Saat kulit kita tergigit nyamuk, maka akan muncul tonjolan kecil yang menyebabkan rasa gatal. Akibatnya, tangan kita dengan refleks akan menggaruknya. Memang sih, awalnya terasa puas dan nikmat, tapi ternyata, sisa gigitan nyamuk yang kita garuk mempunyai dampak yang beresiko.

Menurut seseorang entomologi diagnostik di Kampus Purdue, Tim Gibb, menggaruk sisa gigitan nyamuk bisa mengakibatkan infeksi kulit serta memperlambat proses pengobatan dan justru meningkatkan rasa gatal. Sudah gatalnya makin menempel, sisa gigitan nyamuk ini bakal lecet serta menyebabkan koreng pada kulit. Nah, lho!
Previous Post Next Post