Gubernur Himbau Lulusan PT Tak Harap Jadi PNS

N3, Sumbar ~ Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno menghimbau bagi setiap para lulusan perguruan tinggi untuk tidak hanya berharap menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), namun bisa memanfaatkan setiap peluang yang bisa dijadikan pekerjaan.

"Setiap tahun penerimaan PNS baru jumlahnya tidak banyak dan tidak setiap tahun pula, jadi menurut saya  jika hanya terpaku menjadi seorang PNS bukan solusi yang tepat, padahal diluar sana sangat banyak peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menjadi pekerjaan" ungkapnya.

Selain itu, Gubernur juga mengajak para lulusan perguruan tinggi untuk tidak takut menggeluti berbagai bidang, karena disana terdapat banyak peluang untuk bisa menghasilkan pendapatan, apalagi saat sekarang perkembangan dunia sudah semakin cepat, bahkan dalam hitungan detik dan itu harus dimanfaatkan sebagai peluang.

"Artinya kita dituntut untuk kreatif dan bukan hanya menunggu saja, apalagi para lulusan perguruan tinggi memiliki skill yang lebih bila dibandingkan dengan yang tidak mencicipi bangku kuliah, misalnya bagi lulusan sekolah agama bisa menjadi seorang ustad atau ulama kondang" kata Irwan Prayitno.

Bukan hanya mencari peluang pekerjaan selain PNS, Gubernur juga berharap para lulusan perguruan tinggi juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan.

"Jika mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru, maka akan ada perekrutan tenaga kerja yang kemudian hal tersebut akan sangat membantu pemerintah dalam menyelesaikan salah satu tugasnya yakni mengurangi angka pengangguran" harapnya saat memberikan sambutan pada Muswil II Ikatan Alumni Al-Azhar Internasional, Sabtu (23/07/2016) di Auditorium Gubernuran.

Pada kesempatan yang sama, Rektor IAIN Padang Eko Putra Wirman yang juga merupakan Alumni Al-Azhar, menyatakan bahwa apa yang disampikan oleh Gubernur tersebut merupakan sebuah masukan penting bagi para alumni perguruan tinggi termasuk alumni Al-Azhar sendiri.

"Jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk kita kedepan, tunjukan bahwa kita bisa menjadi alumni yang mampu bersaing, berkualitas dan yang terutama memberikan manfaat bagi masyarakat" inginnya pada acara yang dihadiri oleh para alumni Al-Azhar se-Sumbar. Zrd
Previous Post Next Post