Sumintak Bersama Super Team

N3, Padang ~ Bertugas sebagai Kepala Polisi Sektor (Kapolsek) Padang Barat sungguh meninggalkan kesan mendalam bagi Kompol Sumintak, SH. Pria 44 tahun ini merasakan kehangatan tersendiri dalam keseharian menjalankan tugas di kecamatan yang disebut-sebut sebagai etalase Kota Padang ini. Kehangatan itu datang karena keakraban yang terjalin, bukan saja dengan rekan-rekan di lingkungan pegawai kecamatan, SKPD di Pemko Padang serta Komado Rayon Militer (Koramil) setempat, tetapi masyarakat di wilayah tugasnya juga cukup mengenal polisi tangguh ini dengan baik. Sehingga setiap kali turun ke lapangan, ia selalu mendapat sapaan hangat dari warga.

Ia mengaku mendapatkan kesan mendalam setelah berbagai kegiatan dilalui bersama kolega yang tergabung pada Forum Koordinasi Kecamatan (Forkopimka), yaitu Camat Arfian dan Danramil Mayor Ferry Handra. Ketiga pucuk pimpinan di Padang Barat ini mampu membangun soliditas tinggi sehingga layak pula dikatakan sebagai "Super Team".

"Bekerjasama dengan Camat dan Danramil dalam setiap kegiatan hampir semua tugas berhasil kami tuntaskan dengan baik. Hal itu membuat saya terkesan dan serasa bagian dari super team," kata Sumintak usai acara pisah sambut dirinya dengan Kapolsek Padang Barat yang baru di Kantor Camat Padang Barat.

Sumintak membeberkan pengalamannya selama bertugas di Padang Barat, mulai dari pengalaman yang sedikit memancing tawa, sampai kisah mengharu biru tentang kekompakan dan apresiasi untuk dirinya dari Pemko Padang dan atasannya di Polresta.

Tugas berat yang menguras tenaga, pikiran dan waktu menurut Sumintak adalah penataan kawasan Pantai Padang. Penertiban dan pengamanan dari segala tindakan pelanggaran hukum di kawasan itu menjadi ranah yang berat lantaran karakteristik warga setempat yang kerap "buruk kurenah" ditambah lagi pengunjung yang "mbalelo". Tak ayal, setiap hari ada saja kasus yang harus ditangani di daerah ini.

"Berkat koordinasi yang baik dan kerja superteam tadi, kami bisa menuntaskan kasus-kasus yang terjadi. Toh, Pantai Padang sudah mulai agak tertata dan tampak tacelak walaupun menurut Pemko Padang itu belum satu persen dari rencana kesuluruhan," ujarnya.

Bersama Camat dan Danramil, semangat untuk menciptakan Padang Barat yang tenteram dan terdepan sebagai destinasi di Kota Padang masih terus mengelegak. Tetapi, Sumintak tidak bisa lagi bergabung sebagai salah satu pentolannya superteam Forkopimka Padang Barat, lantaran nasib baik menghampirinya. Ia dipromosikan menjadi Kabag Ops di Polresta Padang, sedangkan posisinya di Padang Barat digantikan AKP Syahrul Chan.

Ya, karena nasib baik yang memang ditunjukkan dengan kinerjanya yang baik pula sehingga pimpinan di Polresta Padang menilai Sumintak mampu mengemban amanah yang lebih besar, yakni menjadi orang ketiga di Polresta Padang.

Tidak sedikit yang mengaku senang dengan promosi yang diperoleh Sumintak, namun pada saat bersamaan banyak pula yang merasa kehilangan. Tidak kurang dari Sekda Kota Padang Nasir Ahmad, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Medi Iswandi, Camat Arfian dan Danramil Ferry Handra menyampaikan langsung perasaannya di tengah acara pisah sambut yang diadakan khusus oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kecamatan Padang.

Sekda Nasir Ahmad menyebut, Kompol Sumintak sudah memberikan dedikasi dan kontribusi terbaiknya untuk pembangunan Kota Padang. Khususnya untuk penataan Pantai Padang, ia turut bertungkus lumus bersama Pemko Padang. "Hal itu patut diapresiasi. Tanpa ada dedikasi dan kontribusinya, mustahil Forkopimka Padang Barat akan kuat mengahdapi tantangan-tantangan dalam penataan kawasan tersebut," ungkap Nasir Ahmad yang hadir di acara itu sekaligus memberikan kata sambutan.
Previous Post Next Post