Revisi RPJPD Kota Padang, Muatkan Konsep Metropolitan

N3, Padang ~  Padang yang diproyeksikan sebagai Kota Metropolitan sekaligus menjadi gerbang barat Indonesia belum terakomodir pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) 2004-2020. Sehingga perlu penyesuaian kembali agar sejalan dengan RPJP Nasional 2005-2025.
“Pemerintah Kota Padang merasa perlu melakukan revisi terhadap RPJPD 2004-2020 menjadi RPJPD 2005-2025, seiring perubahan periodesasi dan muatan-muatan RPJP Nasional 2005-2025,” kata Wakil Walikota Padang Emzalmi saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Revisi RPJPD Kota Padang, di Balaikota Padang.
Wawako Emzalmi juga menegaskan, pentingnya isu-isu strategis yang tertuang dalam Rencacana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang sekarang ini bisa sejalan dengan RPJPD untuk keberlanjutan pembangunan.
“RPJM periode sekarang mesti tertampung dalam RPJP agar Walikota periode berikutnya melanjutkan rencana-rencana pembangunan yang sudah disusun dan menyesuaikan dengan program-program di periode berikutnya,” ulas Wawako yang berlatar belakang teknokrat ini.
Ia menambahkan, disamping itu revisi RPJPD Kota Padang ini dilakukan karena terjadinya perubahan mendasar akibat gempa diantaranya perpindahan pusat pemerintahan serta perubahan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).
“Akibat perubahan-perubahan dan sesuai perkembangan tersebut, ada isu-isu strategis Untuk itu kita perlu melibatkan semua elemen dalam merevisi RPJPD ini,” imbuh Wawako.
Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Padang yang hadir dalam kesempatan ini menyebut Musrenbang penyusunan RPJPD Kota Padang ini suatu yang mendasar. Tetapi akan menentukan arah pembangunan Kota Padang dalam jangka panjang.
“Kita dari DPRD menyikapi ini positif dan akan melakukan pembahasan untuk penetapan RPJP ini nantinya. Diharapkan di triwulan pertama 2016 nanti sudah bisa ditetapkan,” kata Muhidi.
Musrenbang ini melibatkan para ahli dari perguruan tinggi, DPRD dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta stakeholder lainnya.
Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang Hervan Bahar menjelaskan, dalam musrenbang ini akan dibahas isu-isu strategis untuk menentukan arah pembangunan sesuai visi misi RPJPD.
“Musrenbang ini kita harapkan dapat menampung dan membahas isu-isu strategis sejalan dengan visi misi,” tukasnya.**
Previous Post Next Post