HUT Bundo Kanduang


N3, Padang ~ Para Bundo Kanduang kecamatan se-Padang Barat mendadak menjadi model. Dengan mengenakan baju kuruang basiba dan baju kebaya dalam, para bundo ini berlenggak-lenggok di pentas yang disulap menjadi “catwalk”.
Pemandangan ini terlihat ketika digelarnya berbagai lomba dalam rangka HUT Bundo Kanduang 2015 di halaman Kantor Camat Padang Barat, Rabu (2/12). Acara ini berlangsung meriah. Diikuti antusias oleh tim PKK sekecamatan tersebut, serta masyarakat yang juga hadir memberikan semangat kepada peserta lomba.
Camat Padang Barat Arfian menyambut positif kegiatan ini. Menurutnya, lomba yang diadakan selain mencerminkan kekhasan Minangkabau sekaligus turut membudayakan pakaian tradisional yang sangat memenuhi etika serta estetika.
“Melalui acara lomba ini kita dorong generasi muda dan khusunya masyarakat di Padang Barat untuk lebih mengenal dan mencintai kekhasan budaya sendiri,” ujar Arfian.
Lebih lanjut dikatakan, peran Bundo Kanduang sebagai “limpapeh rumah nan gadang” merupakan figur sentral dalam kaum dan nagari. “Bundo Kanduang bersifat merangkul dan mengayomi sekaligus menjadi teladan. Rasanya sangat tepat jika kegiatan seperti ini dijadikan ajang untuk memberikan teladan khususnya dalam hal berpakaian yang sesuai budaya dan dibenarkan agama. Terlebih di era globalisasi ini, kemajuan teknologi dan informasi akan berimbas menjadi tantangan tersendiri untuk pelestarian nilai-nilai budaya bangsa, ”ulasnya.
Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan ini, Nuraini menyebutkan, kegiatan lomba yang diadakan pada kesempatan ini adalah Lomba Bajukurung Basiba, Baju Kebaya Dalam dan Mars Bundo Kanduang. “Peserta lomba berasal dari bundo kanduang sekecamatan Padang Barat dan tim PKK Padang Barat,” ungkapnya.
Ia berharap acara ini terlaksana dengan baik dan membawa dampak positif terhadap pelestarian budaya. “Paling tidak ini membuktikan eksistensi Bundo Kanduang sekaligus memaksimalkan perannya di tengah masyarakat,” tukas Nuraini.**
Previous Post Next Post