Hasil Lengkap Resolusi CSS XV 2015 di Padang


N3, Padang ~  Dalam konferensi City Sanitation Summit (CSS) ke XV dan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi Indonesia (AKKOPSI) ke VII yang berlangsung pada 18-20 November di Padang, telah mengeluarkan resolusi dukungan terhadap enam putusan disamping menetapkan Kota Banda Aceh, sebagai tuan rumah CSS XVI dan Rakernas AKKOPSI ke VIII di tahun depan.
Walikota Padang, Mahyeldi Dt Marajo menyebutkan, adapun enam putusan tersebut diantaranya sebagai berikut :
Pertama, pelaksanaan belanja kementerian dalam pembangunan infrastruktur sanitasi yang mendukung perwujudan pembangunan strategi nasional.
Kedua, pelaksanaan belanja kementerian pada pengaturan, pembinaan dan pengawasan yang diteruskan pada upaya pemberdayaan baik provinsi maupun kabupaten kota.
Ketiga, pemberdayaan provinsi difokuskan pada kemampuan menjalankan kewenangan kebijakan sanitasi kepada kabupaten kota dan kemampuan untuk menyediakan penyelenggaraan sanitasi regional. Fokus pemberdayaan ini diarahkan pada kabupaten/kota agar mampu menyediakan layanan sanitasi yang berkelanjutan kepada masyarakat.
Ke empat, pembuatan pelaksananan desentralisasi fiskal untuk penyediaan sanitasi dengan memastikan pendanaan sesuai dengan prinsip money follow function, termasuk pengalihan baru kementrian untuk pembangunan sanitasi secara bertahap kedalam mekanisme dana alokasi khusus. Untuk selanjutnya dikonvensi menjadi dana alokasi umum (DAU).
Kelima, pengharus utamaan sanitasi dalam pengalokasian dana pembangunan desa.
Dan yang ke enam, pelaksanaan hibah sanitasi daerah yang merujuk pada strategi sanitasi kabupaten/kota, roadmap sanitasi provinsi maupun roadmap sanitasi nasional.
Selain itu, dalam konferensi tersebut juga telah menyepakati, akan meneruskan komitmen pengalokasian anggaran 2 persen dari anggaran belanja langsung APBD untuk pengelolaan sanitasi di masing-masing kabupaten/kota. **
Previous Post Next Post