Ulang Tahun Emas SMSR

N3, Padang ~ Hari ini, berbagai rangkaian kegiatan sebagai puncak  peringatan ulang tahun emas (50 tahun) berdirinya Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) di Padang, atau yang saat ini dikenal dengan SMK Negeri 4 Padang dilaksanakan.

“Besok pagi (Sabtu-red), kita akan mengadakan kegiatan napak tilas dari Taman Budaya Sumatera Barat (TBSB), di Jalan Diponegoro ke lokasi tempat bangunan pertama SMSR di Jalan Kelenteng, Kecamatan Padang Selatan yang waktu itu bernama Sekolah Seni Rupa Indonesia (SSRI). Kemudian peserta napak tilas kembali lagi ke Taman Budaya,” sebut ketua Panitia Ulang Tahun Emas SSRI/SMSR/SMKN 4 Padan ke (50), Jum’at(9/10).

Menurutnya, sebelumnya untuk memperingati hari jadi SMSR ke 50 itu pada 25 September tersebut, telah dilakukan upacara bendera di SMK N 4 Padang. Usai napak tilas dilakukan temu ramah alumni di kampus SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang. Sorenya, sekitar pukul 16.00 WIB dilakukan pembukaan pemeran seni rupa di galeri Taman Budaya yang akan berlangsung sejak 10 sampai  sampai 17 Oktober nanti.

“Ada 73 karya yang ditampilkan, terdiri dari 57 karya lukis dan 16 karya patung yang semuanya merupakan  hasil karya alumni SMSR. Rencananya pameran akan dibuka Menteri Pariwisata Arief Yahya,” ujarnya.

Untuk Mubes Alumni SSRI/SMSR/SMKN 4 Padang se Indonesia akan dilaksanakan pada Minggu, (11/10) Oktober 2015 di Kampus SMK N 4 (SSRI/SMSR) Padang, pukul 09.00  WIB hingga selesai. Kemudian malamnya diadakan malam Bagurau jo badendang  pada pukul 20.00 hingga tengah malam  di Taman Budaya.

“Diskusi seni rupa diadakan pada 12 Oktober 2015, pukul 08.30 - 12.30 di Taman Budaya Sumatera Barat. Ada beberapa nasasumber pada kegiatan itu, Rudi Mantofani dan Zamaldi Alfi (pelukis) yang akan menyampaikan terkait seni rupa modern. Yusman dan Amrizal Salayan (pematung) menyampaikan topik seni rupa tiga dimensi. Syaiful Anan (pelukis khaligrafi) menyampaikan topik bertema seni rupa islam, dan ada Yusrizal KW (seni rupa dan sastra) sebagai  narasumbernya,” terangnya.

Tak hanya itu, pada ulang tahun emas SMSR ini juga diadakan malam kesenian pada  12 Oktober 2015 pukul 20.00 - 24.00 Wib di Taman Budaya Sumatera Barat. Nantinya juga akan dilakukan anjangsana ke rumah mantan pendiri sekolah, guru-guru SSRI/SMSR.

Kepala Taman Budaya Sumbar, Muasri menjelaskan dengan diadakan kegiatan ulang tahun ke 50 SMSR ini, juga menjadi momen bagi Taman Budaya untuk memberikan dukungannya dalam terselenggaranya pameran seni rupa yang dilaksanakan tersebut.

“Dengan adanya pemeran yang dilaksanakan sebagai salah satu bagian dari kegiatan dalam ulang tahun SMSR, tentunya ini juga menjadi momen dalam menampung hasil karya perupa 50 generasi yang lahir dari SMSR. Kita  Taman Budaya hanya menjadi tempat bertemunya pengerajin seni dengan masyarakat,” jelasnya. zrd
Previous Post Next Post