TdS 2015, Tiga Etape Lewati Padang

DO, Padang ~ Sungguh beruntung benar Kota Padang dalam penyelenggaraan balap sepeda bertaraf internasional, Tour de Singkarak (TdS) tahun ini. Sebab, Kota Padang akan dilewati sebanyak tiga kali dalam tiga etape yang telah ditentukan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Dian Fakhri saat dikonfirmasi, Selasa (4/80, menyebut dalam TdS kali ini sebanyak sembilan etape akan mengisi perlombaan balap sepeda tahunan tersebut. “Sedangkan menurut agendanya, tiga etape diantaranya itu melewati Padang,” terang Dian.

Tiga etape yang melewati Padang itu yakni etape I, II dan IX. “Namun kesemuanya itu masih tentative, menunggu survey kedua yang akan dilakukan panitia dalam minggu ini,” tambah Dian.

Terkait kesiapan Pemerintah Kota Padang pada iven ini, Dian mengaku jika Padang telah siap menyelenggarakan TdS di Kota Padang. "Dana sudah dianggarkan. Sekarang kita menunggu waktunya untuk kemudian memasang perlengkapan seperti tenda dan lainnya," tukuknya.

TdS 2015 akan dimulai di Pesisir Selatan, 3 Oktober mendatang. Pada grand star ini, setelah melakukan star di Pesisir Selatan kemudian para pebalap sepeda akan melewati Padang dan berakhir di Pariaman. Rute yang dilewati pada etape I ini yakni Painan - batas kota Painan - Teluk Bayur Padang - Jalan Thamrin (Hotel Grand Zuri) - Jalan Sudirman - Jalan Rasuna Said - Simpang Jamria (Padang Baru) - Jalan Khatib Sulaiman - Jalan Hamka - Jalan Adinegoro - batas kota Padang - finish di Pariaman.

Sedangkan untuk etape II yang juga melewati Padang, start akan dilakukan di Kabupaten Padang Pariaman dan berakhir di Sawahlunto. Etape II yang dimulai 4 Oktober itu akan melewati Padang Pariaman – batas kota Padang – Jalan Adinegoro – Jalan Hamka – Jalan Khatib Sulaiman – Jalan Rasuna Said – Jalan Sudirman – Jalan Sawahan – Jalan Simpang Haru – Jalan Sutomo – Jalan Raya Indarung – Sitinjau Laut – finish di Sawahlunto.

Etape IX yang dilakukan 11 Oktober juga melewati Kota Padang. Adapun rute yang ditempuh pebalap yakni start di Tanah Datar / Bukittinggi – batas kota Padang – Jalan Adinegoro – Jalan Hamka – Jalan Khatib Sulaiman – Jalan Rasuna Said – Jalan Sudirman – Jalan A. Yani – Jalan Damar – Jalan Pemuda – Jalan Diponegoro – Jalan Hayam Wuruk – Jalan Samudera – finish di depan Danau Cimpago.

TdS tahun ini akan diikuti 25 tim dimana diantaranya 12 tim berasal dari luar negeri dan 13 tim berasal dari dalam negeri. Total hadiah yang diperebutkan sebesar Rp 2,4 miliar dengan jarak tempuh keseluruhan 1.300 Km.Charlie
Previous Post Next Post