Zulhadri Latif : Ormas Harus Bersikap Independent

N3, Padang ~ Pesta demokrasi pemilihan kepala daerah yang akan digelar secara serentak tahun ini perlu disikapi dengan kehati-hatian. Sebab banyak kepentingan-kepentingan politik yang bermain dan memanfaatkan momen ini untuk diri pribadi maupun kelompok.
 
Hal demikian sudah menjadi rahasia umum, organisasi kemasyarakatan (Ormas) apakah itu ormas keagamaan atau pun ormas yang bersifat nasionalis, sering dijadikan alat untuk mendulang massa mendukung calon pada setiap ajang pemilu.

Untuk itu, banyak pihak mengharapkan ormas tidak terjerat dalam dukung mendukung calon secara kelembagaan, karena ormas adalah milik masyarakat banyak, bukan kepentingan politik tertentu.
 
Ini disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Kota Padang Zulhardi Zakaria Latif saat dimintai pendapatnya bersama wartawan diruang kerjanya.
 
Oleh karenanya dihimbau kepada ormas untuk selalu bersikap netral sebagaimana landasan dasar dari pendirian ormas itu yang tertuang dalam anggaran dasar. 
 
Pasalnya, ormas merupakan lembaga milik masyarakat secara umum untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat, tanpa terikat kepentingan politik tertentu.

Namun lain lagi dengan organisasi yang memang pendiriannya disengaja sebagai sayap bagi partai politik. Mereka tentu akan mendukung kandidat yang didukung partai politik mereka. Itu sudah lumrah, namun ormas yang bersifat independent kita harapkan netral, apatah lagi organisasi kemasyarakatan yang bersifat keagamaan. Jangan sampai umat terpecah belah gara-gara pilkada,"jelasnya. By/N3
Previous Post Next Post