Ingin Usir Malas Saat Puasa? Ini Caranya...

Nusantara ~ Umat muslim kadang mengeluh puasa membuat tubuh lebih cepat lelah. Alhasil kemalasan seringkali hinggap hingga mengganggu aktifitas sehari-hari selama puasa. Namun ternyata ada cara mengatasinya dengan beraktifitas setelah sahur.

Umat Muslim yang merasa badannya lemas, malas dan mengantuk ketika berpuasa terjadi karena aktivitas fisiknya rendah. Malahan jika hanya menghabiskan waktu dengan tidur dan bermalas-malasan saat puasa akan membuat terasa sangat lapar dan haus.

Apalagi jika memilih tidur di pagi hari, setelah bangun tidur badan terasa lemas. Menurut ahli gizi Rita Ramayulis, DCN, M.Kes hal itu terjad karena faktor oksigen dalam otak.

"Kalau habis makan itu langsung dicerna dan oksigen lebih banyak masuk ke perut, pasokan ke kepala jadi berkurang," ucapnya kepada Republika dalam diskusi yang diselenggarakan Sequis.

Demi bisa mengatasi masalah tersebut lakukanlah aktivitas fisik seperti biasanya. Lakukan yang ringan-ringan saja, yang penting ada aktivitas pada tubuh. Aktivitas fisik dan berolahraga dapat mengubah energi cadangan atau lemak tubuh menjadi glukosa yang agar bisa menghalau rasa lesu, letih, malas, dan mengantuk.

"Jadi harus masukan kembali oksigen ke kepala dengan beraktifitas," lanjutnya.

Khusus untuk aktifitas yang tepat di pagi hari adalah jalan atau bersepeda santai, sambil misalnya berjalan ke Masjid untuk shalat subuh berjamaah, kemudian pulang ke rumah dengan sedikit berputar-putar jalur, sekitar 30 menit, agar diperoleh durasi yang tepat. Ada pula “Olahraga” lain yaitu membersihkan rumah juga dapat menjadi solusi agar tetap beraktifitas di pagi hari.

Ketika berpuasa dapat dipahami jika kondisi tubuh memang tidak seperti biasanya. Perut kosong dan kurang bertenaga. Namun kondisi ini tidak boleh menghalangi untuk tetap berolahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya. Tetap lakukan olahraga karena mempunyai manfaat yang luar biasa bagi kesehatan. Apalagi selama berolahraga tubuh melepaskan hormon endorfin yang mampu membuat manusia merasa senang dan bersemangat.

Patut diketahui, beraktifitas di bulan puasa akan menguras energi. Agar tetap fit dan tidak lemas saat melakukanya maka harus mendapatkan istirahat cukup di malam hari. Ditambah lagi, perbanyak konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah-buahan akan membantu stamina Anda tetap terjaga, terutama saat beraktifitas di pagi hari. Ri
Previous Post Next Post