Pesilat Amerika dan Belanda Dalami "Silek Pauh Minang"

N3, Padang ~ Silek Pauh (baca: Silat Pauh, red) sebagai beladiri tradisional asal Pauh Si XIV Kota Padang sudah go international. Silek Pauh tidak hanya dipelajari oleh orang Pauh atau Padang dan orang Minangkabau saja, tetapi sudah diminati oleh para pesilat asal luar negeri. 
Ini disampaikan Wakil Walikota Padang H Emzalmi Zaini dihadapan para Ninik Mamak Pandeka, Guru Tuo, Kako Silek dan Anak Nagari Pauh IX pada puncak peringatan hari jadi Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kecamatan Kuranji di halaman Kantor Kerapatan Adat Nagari (KAN) setempat.
"Sekarang Silek Pauh tak hanya dipelajari Anak Nagari kita, tetapi juga sudah go international. Ini terbukti, banyaknya pesilat dari luar negeri yang mendalami Silek Pauh di beberapa Sasaran Silek (Perguruan Silat) yang ada di daerah kita. Pada tataran nasional, jurus-jurus Silek Pauh dianggap mematikan dan langka. Untuk itu, kita berharap kepada Ninik Mamak Tapian, Guru Tuo, Kako Silek dan semua elemen untuk melestarikan Silek Pauh," ungkap wawako.
Bahkan, di luar negeri, seperti Amerika dan Belanda, sudah ada perguruan silat yang khusus mengajarkan Silek Pauh. Seperti Perguruan Silek Paulu Sembilan di Belanda. Dalam beberapa kali event silat yang diadakan di Kota Padang, Pandeka Waled dari Amerika Serikat juga hadir.
Wawako Emzalmi pun mengucapkan terimakasih kepada Syafri Pandeka Mudo dan Anwar Rajo Bujang yang telah menyusun kurikulum Silek Pauh, sehingga nantinya Silek Pauh dapat diajarkan di sekolah-sekolah yang ada di Kota Padang. Penyusunan kurikulum tersebut merupakan bagian dari upaya pelestarian Silek Pauh. Ia meminta IPSI Kota Padang mematangkan kurikulum tersebut, sehingga dalam waktu dekat sudah bisa diajarkan di sekolah-sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler. Rel/Tf/By
Dibaca
Previous Post Next Post