Tidak Ada Spesifikasi Khusus Komputer Untuk UN

Nn, Jakarta ~ Tidak perlu peralatan baru bahkan tak membutuhkan spesifikasi khusus untiuk pelaksanaan Ujian Nasional (UN), seperti kata Nizam selaku Kepala Pusat Penilai Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), kala dijumpai diruangannya.

"Tidak ada spesifikasi khusus kok. Yang penting komputer itu bisa browsing dan punya fitur standar. Yang biasa-biasa aja, enggak 'aneh-aneh'," ujar Nizam. Lebih jauh Nizam menjelaskan, kemampuan browsing pun akan digunakan hanya pada saat pihak sekolah mengunduh data soal-soal tiga hari sebelum UN dimulai, yakni mulai hari ini, Jumat (10/4).

"Internet juga digunakan saat mau mengirim jawaban para siswa dari server sekolah ke server pusat," jelasnya lagi.

Menurutnya, fasilitas sekolah seperti laboratorium komputer sudah menjadi bahan pokok tersendiri untuk para siswa agar bisa menyelami teknologi lebih dalam. Sehingga, pihak Kemendikbud menilai antusiasme tiap sekolah yang ingin menerapkan UN CBT adalah esensi penting ketimbang syarat komputer tertentu.

"Yang penting bisa digunakan dengan baik dan bisa terkoneksi dengan LAN maupun internet," tuturnya.

Saat ini baru sebanyak 170 ribu siswa dari 556 sekolah diseluruh Indonesia akan melaksanakan Ujian Nasional berbasis komputer. Namun karena terhalang infrastruktur, belum semua sekolah bisa melaksanakan ujian dengan menggunakan komputer.(cnn)

Previous Post Next Post