Gubernur Sumbar Resmikan 16 Pasar Tradisional

Nn, Solok ~ Gubernur Sumbar Irwan Prayitno meresmikan 16 Pasar Nagari Kab. Solok, yang ditandai dengan penandatanganan Prasati dan Pembukaan Papan Selubung. Acara tersebut dihadiri Bupati Solok Syamsu Rahim beserta Isteri, Anggota DPRD Provinsi, SKPD Kab. Solok dan Niniak Mamak Muaro Paneh.
 
Harwendi selaku Ketua Pelaksana kegiatan menyampaikan bahwa 16 pasar nagari di Kab. Solok ini dibangun dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan APBD Kab. Solok tahun 2011-2014. 
 
"Dana yang dibutuhkan dalam pembangunan Pasar Nagari tersebut adalah Rp. 5.704.258.000,-", terang Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab. Solok.
 
Lebih lanjut Harwendi menjelaskan lebih rinci lagi, bahwa Pasar yang dibangun dari DAK adalah di 11 lokasi, dan dari APBD Kab. Solok 5 lokasi. "Masih ada 9 Pasar Nagari yang sedang dibangun dan akan segera diselesaikan", sebutnya.
 
Sementara itu Bupati Solok Syamsu Rahim menjelaskan bahwa sebagian besar pedagang dan UMKM di Kab. Solok, kesehariannya adalah di Pasar Nagari, jadi dengan peresmian ini akan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat di Kab. Solok.
 
"Ini merupakan harapan seluruh masyarakat Kab. Solok, dan alhamdulillah hari ini dapat diresmikan oleh Gubernur pula", jelas Bupati.
 
Selain itu Bupati juga berpesan kepada para pengelola Pasar, agar mengelola pasar tersebut dengan sebaik-baiknya, jangan dijadikan lahan pasar menjadi lahan konflik.
 
"Mengantisipasi tersebut diperlukan koordinasi yang jelas diantara Walinagari dan Pengelola Pasar, karena pendapatan di pasar nanti akan masuk ke dalam kas Nagari", harapnya.
 
Sementara Gubernur Irwan Prayitno juga berharap, dengan pembangunan pasar ini akan lebih meningkatkan kualitas pasar itu sendiri, tidak kumuh dan distribusi barang dan jasa bisa menjadi lebih baik.
 
Kemudian IP juga menjelaskan bahwa peresmian ini akan mendorong para pengelola untuk lebih profesional, karena dukungan dari pemerintah hanya stimulus atau pendorong saja.
 
"Kesuksesan itu selanjutnya tergantung kepada pengelolanya", terang Gubernur pada acara peresmian yang dipusatkan di Pasar Nagari Mauro Paneh, Kec. Bukit Sundai.
 
Dipenghujung sambutan, Gubernur berpesan kepada Pemkab. Solok agar terus memonitoring dan mengawasi pengelolaan pasar. Fadhli
Previous Post Next Post