Ground Breaking Pusat Budaya Sumbar

Nn, Padang ~ Gubernur Sumatera Barat didampingi Wakil gubernur beserta Forkopimda Provinsi Sumatera Barat meresmikan ground breaking gedung pusat kebudayaan Sumbar. Untuk membina dan mengembangkan budaya, khusunya Budaya Minangkabau perlu disediakan Prasarana Gedung yang representative untuk penggunaan kini dan masa depan. Gedung budaya ini terletak di Kawasan Wisata terpadu Gubung padang, dimana belum adanya tempat parker yang memadai di kawasan ini, makan Gedung budaya yang direncanakan menyediakan tempat parker untuk jumlah kendaraan yang relative luas.
 
Gedung ini juga berfungi sebagai shelter untu kevakuasi jika terjadi bencan gempa/tsunami dan sebagai ruang terbuka pada kawasan tersebut. Gedung ini juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang sesaui fungsi serta aksesbilitas, untuk membangun Gedung Budaya ini secara utuh sesuai dengan fungsi yang diharapkan, bangunan pada site harus dibongkar. Bangunan lama yang ada pad site masih dapat berfungsi sementara proses pembongkaran/penghapusan bangunan lama dan pembangunan baru dilakukan secara bertahap.
 
Arsitektur pada gedung Budaya dibagi menjadi 3 bagian, Arsitektur Tradisional,Modern dan Post modern. Pada arsitektur post modern merupakan perwujudan seperti kapal yang siap berlayar mengarungi samudra, bangunan utama sebagai center point merupakan perpaduan bentuk atap gonjong dengan kubah masjid, sebagai symbol masyarakat Minang yang religious.
 
Rencana yang akan dibangun pada bangunan gedung Budaya ini , diantaranya : kantor Pengelola, perpustakaan, Ruang latihan/ Workshop tari, Workshop drama/sandiwara/puisi, Workshop Musik, ruang Seminar/Diskusi, Auditorium, Gallery , Ruang Pameran/umum, dan Cineplex. Sedangkan untuk fasilitas penunjang akan dibangun Lobby/Receptionist/ Informasi, Masjid/ Mushola, Restoran/ Café, Fitness Centre, Music room, Pusat Oleh-Oleh, Medan Bapaneh, Play Ground, toilet, Security dan parkir. Gubernur berharap untuk pembangunan Gedung budaya ini segera ter realisasi kan sehingga akan semakin memajukan perkembangan sumatera barat kedepannya.
 
Sebagai simbolis persemian dari Ground Breaking ini , dilakukan pemencetan tombol secara serentak oleh Gubernur, Wakil Gubernur dan didampingi juga oleh Forkopimda Sumatera Barat, termasuk didalamnya wakil walikota padang. Gubernur beserta rombongan juga melaksanakan pemancangan beton perdana di Gedung Budaya tersebut. Allan
Previous Post Next Post