5,7 Juta Pemudik Akan Pakai Kereta Api

Nn, Bandung ~ PT Kereta Api Indonesia (KAI) memprediksi tahun ini akan terjadi kenaikan jumlah pemudik kereta api. Tahun 2014 pemudik mencapai 5,5 juta orang, maka tahun ini akan mencapai 2,7 juta orang.
 
Untuk itu PT KAI telah melakukan berbagai upaya dan persiapan. Satu di antaranya, menyiapkan seluruh armada dan personilnya.
 
"Untuk angkutan Idul Fitri tahun ini, kami prediksikan terjadi peningkatan volume penumpang. Perkiraan kami, khusus angkutan KA, kenaikannya 3 persen. Tahun lalu, total penumpang sekitar 5,5 juta orang. Tahun ini, kami perkirakan menjadi 5,7 juta orang," tandas Bambang Eko Martono, Direktur Komersial PT KAI.
 
Bambang mengatakan, untuk mengantisipasi hal tersebut, pihaknya terus mempersiapkan sarana dan prasarananya. Saat ini, kata Bambang, ada sekitar 22 unit gerbong menjalani perbaikan oleh PT INKA (Industri Nasional Kereta API). Lainnya, lanjut dia, berada di sejumlah depo.
 
"Pada saatnya, tidak ada lagi gerbong atau lokomotif yang berada di depo. Seluruhnya, termasuk yang menjalani perawatan dan perbaikan PT INKA, siap kami operasikan," tegasnya.
 
Soal ketersediaan tempat tiket, Bambang mengatakan, tahun ini, khusus KA jarak jauh dan sedang, pihaknya menambah kapasitas. Tahun lalu, sebanyak 79.654 seat per hari maka tahun ini menjadi 88.676seat.
 
"Jumlah itu hanya KA reguler, belum termasuk KA tambahan angkutan Idul Fitri 2015 dan KA lokal. Untuk KA tambahan, masih melakukan kalkukasi. " jo/hms
Previous Post Next Post