Dari Lembaga Kursus Menjadi Sebuah Institute

Nusantara~Institut Teknologi Padang (ITP), merupakan Perguruan Tinggi Teknik tertua di Sumatera Bagian Tengah. ITP berdiri untuk mewujudkan tenaga kerja ahli dan konsern terhadap bidang keteknikan.

Berawal dari sebuah lembaga kusus yang dulunya bernama Kursus Ahli Teknik (KAT) yang mengajarkan dua bidang yaitu keahlian mesin dan keahlian teknik. Seiring berjalannya waktu kursus ini semakin berkaembang maka dibentuklah sebuah akademi yang bernama Akademi Teknik Padang (ATP) pada tahun 1973. Berdirinya ATP berdasarkan surat keputusan Yayasan Pendidikan Teknologi Padang dengan nomor : 02/YPT/KPTS/1973 pada tanggal 21 februari 1973. Dengan membuka jurusan Teknik Sipil (program sarjana muda) kemudian menyusul dengan dibukanya jurusan Teknik Elektro ditahun 1980.

 Seiring waktu bergulir, makin lama ATP banyak diminati para lulusan SMA sederajat, dari hal itu maka nama ATP berubah menjadi Sekolah Tinggi Teknik Padang (STTP) dengan menambah tiga program studi yaitu : Program studi Teknik Sipil (S1), Teknik Mesin (S1), dan Teknik Elektro (S1), ditahun 1987.

Terus berkembang STTP berubah nama menjadi Institut Teknologi Padang (ITP) ditahun 2002 yang dikukuhkan Mendiknas dengan nomor surat keputusan “113/D1012002. Sejak tahun 2002 dengan nama ITP, institute ini dipercaya pemerintah untuk bekerjasama dalam bidang teknik seperti TDSP, Semi-QUE, PHK-A1, PHK-A2, PHK-PMP, PHK-K3 Inherent dan hibah kompetisi lain. ***
View
Previous Post Next Post