Kunjungan Wagub Sumbar Masjid Raya III Koto Naras

nusantaranews.net ~ Wakil Gubernur Muslim Kasim mengunjungi masjid Raya III Koto Naras, kamis malam (17/7) dalam rangka safari ramadhan tahun 2014. Turut hadir pada kesempatan tersebut Wakil Walikota Pariaman Genius Umar beserta SKPD Kota Pariaman, serta Kepala SKPD Prov. Sumbar.

Pada kesempatan tersebut Wagub menyampaikan bahwa Naras merupakan suatu daerah yang sangat bagus untuk dikembangkan untuk pengembangan perikanan dan kelautan karena memang letaknya yang berdekatan dengan laut, apalagi pariaman dengan panjang pantai ± 12,7 km serta luas perairan laut 282,69 km² dengan 6 buah pulau-pulau kecil sangat menjanjikan untuk pengembangan kelautan dan perikanan, namun yang menjadi pertanyaan selama ini, apakah selama ini sudah maksmimalkah pengelolaannya dan para nelayan nya bisa dikatakan sudah keluar di kata "kurang mampu"?

"Banyak cara untuk meningkatkan pengelolaan tersebut, salah satunya adalah program dari pemerintah GEPEMP (Gerakan Pensejahteraan Ekonomi Masyarakat Pesisir), merupakan program yang diluncurkan untuk mengentaskan kemiskinan pada 5.680 KK masyarakat pesisir yang tersebar di tujuh kab/kota di pesisir Sumbar yang menjadi targetnya. Data itu merupakan data KK miskin yang dirilis dari BPS pada 2008. Diharapkan pada 2015, kemiskinan pada masyarakat tersebut sudah dapat dientaskan melalui berbagai program secara bersama dengan beberapa SKPD terkait di Pemerintahan Provinsi Sumbar" ungkap Wagub.

Wagub juga menambahkan bahwa meningkatkan teknologi penangkapan ikan adalah salah satu cara yang dilakukan untuk membantu para nelayan dalam meningkatkan kualitas tangkapan ikannya, seperti memberikan bantuan Long tail, dan SPG roda 3, dan apabila kualitas dan jumlah hasil tangkapan nelayan tersebut meningkat, maka akan ada pergerakan naik terhadap prerekonomian nelayan.

"Program ini sudah dimulai sejak 3 tahun yang lalu sampai pada tahun 2015 nantinya dan bagi nelayan kurang mampu dan ingin mendapatkan bantuan cukup mengajukan permohonan ke Dinas Kelautan Perikanan Prov. Sumbar dan akan diproses secepatnya, sedangkan untuk " ucap Muslim Kasim.

Selanjutnya Wagub menyerahkan bantuan SPG roda 3 kepada kelompok nelayan Sinar Laut dan Ujung labung kab. Padang Pariaman sejumlah 2 unit dan kepada kelompok nelayan Gepemp Kota Pariaman sebanyak 2 unit. Serta bantuan untuk mesjid Raya Naras Rp. 20 juta, 30 Al-quran dan 21 Al-quran tafsir.Zardi
Previous Post Next Post