Tamatan SMK Incaran Pengusaha

Padang, Nn ~ Tingginya permintaan dunia usaha terhadap tamatan SMK di Kota Padang, perlu disikapi dengan peningkatan kualitas Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Peningkatan kualitas SMK bisa dilakukan dengan pengembangan unit usaha disetiap jurusan di SMK.

Disamping itu, sebagai sekolah favorit, dengan peminat yang terus meningkat setiap tahunnya, penambahan SMK di Kota Padang, termasuk jurusan-jurusan baru di SMK juga perlu untuk dilakukan.

Hal itu dikatakan Wakil Walikota Padang Mahyeldi, SP disela-sela acara Halal Bi Halal SMK 6 Padang di Edotel SMK 6, Sabtu (17/8). Acara tersebut dihadiri Guru Besar IAIN Imam Bonjol Salmadanis, Majelis Guru dan mantan Guru SMK 6 Padang, beserta alumni SMK 6 Padang.

Lebih lanjut Mahyeldi menjelaskan, disamping menguasai keahlian di jurusan masing-masing, pelajar SMK juga harus memahami dan menguasai bisnis plan, hal itu bertujuan agar tamatan SMK lebih terarah lagi setelah menamatkan pendidikan.

“Dengan menguasai ilmu jurusan dan Bisnis plan, alumni SMK akan lebih mudah untuk mengembangkan diri, apakah akan masuk dunia kerja atau bikin usaha,” terang Mahyeldi.

Mahyeldi mengatakan, mewujudkan hal tersebut, tentunya memerlukan guru-guru yang ahli dan profesional dibidangnya, dengan dukungan dan dorongan dari Pemerintah Kota Padang.

“Pemerintah Kota Padang akan terus mendorong SMK dalam segala hal, demi terciptanya SMK yang bermutu dengan tamatan yang berkualitas,” ujar Mahyeldi.

Mahyeldi menambahkan, berdasarkan evaluasi dari Dinas Pendidikan Kota Padang, pengelolaan unit usaha di SMK harus dipisahkan dari manajemen sekolah agar unit usaha sekolah bisa dikelola dengan profesional dan tidak menggangu manajemen sekolah.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK 6 Padang Ariswan menjelaskan, Edotel salah satu unit usaha SMK 6 di bidang perhotelan telah dikelola di bawah manajemen koperasi sekolah, begitu juga dengan unit usaha-unit usaha lainnya.

“Untuk pengembangan kompetensi keahlian jurusan di SMK 6 ini, kita terus melakukan dan menjalin kerjasama dengan dunia usaha, baik yang berada di dalam negeri maupun diluar negeri,” ujar Ariswan. LiL
Previous Post Next Post