Wagub Sumbar Serahkan Bibit Jagung

Nn, Solsel -- Pemprov Sumatera Barat memberikan perhatian penuh dalam mewujudkan Sumatera Barat sebagai daerah sentra jagung di wilayah Barat Sumatera, hali ini juga menjadi target harus didukung dengan singkronnya program yang dibuat oleh Pemerintah Provinsi dengan Pemerintah Kab/Kota serta keseriusan para petani di daerah ini. Salah satunya perhatian itu adalah untuk pengadaan bibit jagung yang masih dirasakan sangat langka oleh para petani. 

Ditahun 2012 ini saja kebutuhan bibit jagung untuk daerah Sumatera Barat mencapai sebanyak 1,280 ton dan untuk tahun 2013 diperkirakan akan meningkat lagi menjadi 1,530 ton.

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Muslim Kasim disela sela penyerahan bantuan bibit jagung kepada kelompok Tani Siat Agritama Sungai Cupak Kec. Sangir Batang Hari Solok Selatan, Senin di rumah Dinas. Hadir juga dalam kesempatan tersebut beberapa kepala SKPD terkait.

lebih jauh Muslim Kasim menyampaikan, pemberian bibit jagung ini, merupakan salah satu upaya dalam motivasi para petani jagung dalam pengembangan luas lahan dan peningkatan produksi jagung khususnya petani di  daerah Nagari Dusun Tangah Kec. Sangir Batang Hari Solok Selatan. Kita juga berharap adanya koordinasi yang baik antara petani dengan Penyuluh Lapangan Dinas Pertanian agar setiap kendala yang dirasakan para petani cepat teratasi, mulai dari pola penanaman hingga panen.

Saat ini luas daerah yang dimiliki oleh Kab. Solok Selatan sangat potensial sekali untuk dikembangkan menjadi lahan komoditi jagung, karena saya melihat masih banyaknya lahan yang belum di manfaatkan dengan maksimal oleh para petani. Selain itu daerah ini juga sangat didukung oleh iklim yang bagus. Ditahun 2012 saja Solok Selatan memiliki luas lahan tanam jagung  2. 975 hektar. Luas lahan yang ada tersebut terus terus ditingkatkan Sehingga untuk target  kedepannya Solok Selatan bisa menjadi salah satu daerah sentra produksi jagung di Sumatera Barat. Ujarnya.

Pada kesempatan itu Ketua Kelompok Tani Siat Agrita, Marwan menyampaikan, sangat bersyukur adanya perhatian dari pemrintah terhadap usaha kelompok tani  mereka, sehingga selaku petani sangat merasa terbantu dengan adanya bantuan bibit ini. Kami juga berharap perhatian pemerintah seperti ini akan terus berlanjut untuk kedepannya,  sehingga kami akan mampu memproduksi hasil yang lebih baik dan berharap juga mampu mensejahterakan hidup para petani. 

Pemberian bantu ini juga membangkitkan semangat dan motivasi kami dalam berusaha meningkatkan kesejahteraan hidup kami. Mudah-mudahan kepemimpinan saat ini, dan dapat menjadi contoh bagi yang lain dalam memajukan perekonomian para petani dan masyarakat di daerah-daerah , harap Marwan .

Pada kesempatan itu Wagub Muslim Kasim menyerahkan bantuan bibit jagung sebanyak 9 Kotak seberat 225 Kg yang diterima langsung oleh Marwan ketua kelompok tani Siat Agritama. Kec. Sangir Batang Hari Solok Selatan. Zardi

Previous Post Next Post