Disdik Padang Selenggarakan Pelatihan Operator

Nn, Padang -- Dinas Pendidikan Kota Padang selenggarakan pelatihan operator untuk SMP/MTsN/SMA/MA, dan SMK serta UPTD Kecamatan di Kota Padang. Pelatihan tersebut diikuti 215 orang utusan dari masing sekolah, terdiri dari tiga angkatan, selama tujuh hari di hotel Edotel SMKN 6 Padang. Nara sumber dari Dinas Pendidikan Syuhadi, S.Kom, M.Kom, Tim Teknologi Informasi (IT) Efrizal, Yasdi, dan Yefril. Kegiatan ini setiap tahun dilaksanakan untuk memperbarui data-data, karena setiap tahun baru data-data selalu  berubah.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan DR. H. Indang Dewata, Msi didampingi Kabid Program Kajian Peningkatan Mutu Pendidikan (PKPMP) Dra. Wellita, MM, Kasi Pendataan dan Teknologi Informasi Syuhadi, S.Kom, M.Kom, Selasa (6/11). Tujuan dari pelatihan ini untuk tenaga operator supaya data-data dari masing-masing sekolah masuk ke data Base Dinas Pendidikan Kota Padang.

Intinya,  dari pelatihan yang digelar ini, adalah pendataan lembaran individu sekolah berisi tentang data pokok sekolah tersebut. Jadi seluruh data-data sekolah di Kota Padang harus ada dan akurat. Makanya setiap tahun pelatihan ini dilaksanakan sebaba setiap tahun ajaran baru, data-data sekolah ini banyak mengalami perubahan, misalnya siswa-siswi yang masuk, berbeda dengan tahun lalu. Guru yang pengsiun, pindah, hingga meninggal dunia serta data-data lainnya.

Data pokok dari individu sekolah mulai dari profile sekolah, meliputi struktur arganisasinya, jumlah guru, data kesiswaan, siswa baru, kelas I, II, dan III. Data Sarana Prasarana sekolah, gedung sekolah terdiri dari berapa ruang (kelas), mobiler, peralatan labor dan lain sebagainya. Data-data ini memang diperbaharui setiap tahunnya. Tujuannya supaya dengan mudah bisa mengetahui jumlah guru PNS, non PNS, siswa-siswi, termasuk sekolah yang kekurangan guru, kata Indang Dewata. 

Sementara Kasi Pendataan dan Teknologi Informasi Syuhadi, S.Kom, M.Kom juga menyebutkan data base, Dinas Pendidikan yang berisi seluruh data-data dari masing-masing sekolah sangat penting. Tujuannya supaya bisa dilihat dengan mudah kondisi dunia pendidikan di kota tercinta ini, mulai dari sejarah sekolah, tenaga guru PNS, non PNS, siswa-siswi, peralatan yang telah dimiliki, termasuk guru-guru yang akan pensiun.

Sangat banyak gunanya Validasi data sekolah ditata setiap tahunnya. Ingin mengetahui tentang apa saja terhadap SMP/MTsN, SMA, SMK/MA dengan mudah bisa melihat dan mengetahuinya. Untuk tenaga operator disetiap sekolah agar memasukkan data-datanya dengan lengkap, sebab akurasi data itu perlu. Contoh-contoh lembaran data-data telah diberikan pada setiap peserta pelatihan dan sebahagian hanya tinggal menyesipkan saja, mana yang berlum diisi, untuk melangkapinya. rel

Previous Post Next Post