Perantau Minang Amerika Bantu Pendidikan Agam

Nn, Agam -- Kita menyambut baik, segala bentuk bantuan dan perhatian para perantau kepada kampung halamannya. Ini sebagai bukti kecintaan   dan tradisi masyarakat Minang yang ada di perantauan ikut serta membantu pembangunan di daerah-daerah di Sumatera Barat.

Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam acara penyerahan bantuan perlengkapann pendidikan bagi anak-anak di Jorong Data, Nagari Baringin Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam, Selasa (30/10). Hadir dalam kesempatan tersebut , Bupati Indra Catri, Utusan Perantau Minang Amerika Duta Mardin Umar, Kepala Biro Humas Irwan, S.Sos, MM, Kepala SKPD, beberapa Kepala Sekolah Dasar dilingkungan pemkab Agam.

Lebih jauh Gubernur Irwan Prayitno menyampaikan,  kita menyadari berbagai sektor pembangunan di daerah-daerah, terutama daerah-daerah terisolir belum dapat terbantu secara maksimal. Hal ini sangat berkaitan dengan jumlah APBD kita yang amat terbatas, namun dukungan dan bentuk segala perhatian para perantau tentu ini merupakan potensi budaya yang baik dalam meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Sudah banyak pembangunan  jalan sebagai tranpostasi di berbagai pemkab/ko se Sumatera Barat, baik dari bantuan APBD maupun dengan APBN, dan kita akan terus melakukan hal-hal positif ini untuk kemajuan dan sejahteraan masyarakat di Sumatera Barat. Namun kita menyadari tanpa peran serta dan partisipasi masyarakat program pembangunan itu tidak akan mampu sukses sebagaimana yang diharapkan, ujarnya.
Irwan juga menyampaikan, bahwa pengalamannya melihat para perantau minang di Negara Paman Syam itu, tetap mampu mempertahankan budaya dan karakteristik masyarakat. Mereka tetap menjalankan ibadah secara baik dan selalu berkumpul membicarakan apa-apa yang dapat membantu pembangunan dikampung halaman, seperti hari ini.

Dalam keseharian para perantau minang Amerikan, lebih mengenal saya sebagai uztad, bukan sebagai Gubernur Sumatera Barat, karena dulu, saya sering memberikan ceramah di beberapa tempat di Negara tersebut. Hubungan bathin ini terus berlangsung hingga hari, sehingga secara sesuatu kita mudah mengajak mereka untuk memajukan kampong halaman mereka masing-masing, ungkapnya. zardi
Previous Post Next Post