36 Titik Perlintasan Kereta Api Padang Tak Miliki Plang

Nn, Padang -- Karena minimnya pagar pembatas kereta api di Padang, mengakibatkan banyak pengguna jalan yang lalai, sehingga tidak memperhatikan lagi kereta sedang melintas. Akibatnya setiap tahun perlintasan kereta api Padang selalu memakan korban. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Polresta Padang mengajak masyarakat dan pangkalan ojek di perlintasan kereta api, agar turut mengawasi dan melakukan pengamanan setiap pengendara yang melewati perlintasan kereta api, sebelum di pasang pagar pembatas oleh PT. KAI, jelas Kasat Lantas Polresta Padang Kompol Andiyatna siang tadi. 

"memang benar, pendataan pihak kepolisian, masih banyak perlintasan kereta api yang tidak memiliki plang untuk diwaspadai masyarakat, dan pihak kepolisian telah melakukan koordinasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI), supaya segera dilakukan pemasangan plang, " ucapnya.

Dari catatan pihak kepolisian di 48 perlintasan kereta api, hanya 12 titik perlintasan yang sudah memiliki plang yaitu
kawasan, Pasir Putih, Tunggul Hitam, Simpang Haru, Aur Diri, kampung Jua, Bukit Putus, Pampangan, Arai Pinang, Alai, Lapai, Sisingamangaraja, dan Tabing. 

Yang memprihatinkan, 36 titik lagi banyak terdapat di permukiman penduduk dan sarana pendidikan, namun dibiarkan begitu saja.

Dari 36 titik yang tidak memiliki plang kerata api itu, tercatat perlintasan yang berada dekat sarana pendidikan ada di SD 8 Koto Tangah, SD 15 Koto Tangah, Kampus II UNP, Baiturahmah Koto Tangah, SMA 7 dan SMA 8 Koto Tangah, dan SMP 15 Koto Tangah. Selain itu didepan TK 133 juga tidak memiliki plang pintu.
Diakuinya, dalam tahun 2011 ini, kasus tewasnya warga di perlintasan kereta api memang baru yang dialami oleh Khairil Amir (20) mahasiswa Universitas Andalas, warga Limau Manis, yang terjadi pada beberapa hari lalu di Jati Padang Kecamatan Padang Timur.

Oleh karena, agar tidak menambah jatuhnya korban lebih banyak, maka dihimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan hati-hati saat melewati pintu perlintasan yang tidak memiliki plang tersebut, ajak Andiyatna. Mulyadi

Post a Comment

Previous Post Next Post