Gubernur Resmikan Pusat Diklat SMK PP Padang

Gagasan pengiriman tenaga kerja melalui praktek pelatihan siswa magang ke Jepang ini amat baik dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia kita untuk masa depan peningkatan produksifitas bidang pertanian, perkebunan, peternakan di Sumatera Barat. Penanda tanganan kerjasama Pemprov. Sumbar dengan PT. Ikotasamirai merupakan sebuah pemikiran dan gagasan perlu kita dukung, dan pertahankan secara baik ke depannya.
 
Ini disampaikan Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya pada acara Penandatangan MoU Pemprov Sumbar ( SMK PP- Padang) dengan PT. Ikotasamirai di Lubuk Minturun Padang. Hadir dalam kesempatan tersebut rombongan Perhimpunan Takeuchi Jepang, Kepala Dinas Pertanian Ir. Djoni, Kabiro Pembangunan Drs. Suhermanto Raza, SH, MM, Kepala Sekolah SMK PP-Padang.
 
Irwan Prayitno juga menyampaikan, para siswa praktek pelatihan ini melakukan kontrak kerja selama 3 tahun di Jepang, selain dapat gaji, ilmu pengetahuan, teknik pengalaman kerja tentu ini amat berharga bagi mereka dalam mendalami bidang profesi mereka, sehingga akan mendapat hasil yang baik ketika kembali ke daerah ini untuk membuat hal serupa nantinya. 
 
Melihat potensi pertanian, peternakan, perkebunan ada di Kabupaten dan Kota, kita juga nanti akan melakukan koordinasi dengan para Bupati / Walikota untuk menyalurkanb siswa magang ini nantinya berkerja di daerah ini, baik di lembaga teknis, perusahaan dll, ujarnya.
 
Irwan Prayitno juga mengatakan, rombongan saat ini juga akan melakukan peninjauan kemungkinan kerjasama dalam usaha produksi  dan ekpor Ikan tuna ke Jepang. Dari beberapa pembicaraan mereka berkeinginan akan memberikan bantuan Long Tail dalam meningkatkan produksi penangkapan ikan tuna di wilayah perairan laut Sumatera bagian Barat ini. 
 
Mudah-mudah ini, dapat memberikan motivasi bagi kita untuk meningkatkan produksi ekpor dan penangkapan ikan tuna kita dimasa-masa yang akan datang. Karena kita tahu kemajuan tehnologi dan ketekunan masyarakat Jepang dalam berusaha bidang pertanian, pertenakan, perkebunan dan perikanan sangat maju dan modern, ungkapnya
 
Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Pembangunan Pertanian ( SMK PP) menyampaikan dalam laporanya, Pusat Pendidikan Pelatihan Praktek Kerja ke Jepang Provinsi Sumatera Barat, ini memang telah berjalan, namun untuk ditempatkan disini baru kali ini. 
 
Tujuan pendidikan pelatihan praktek kerja ini adalah, sebagai upaya meningkatkan SDM kita, meningkatkan produktifitas, mengembangkan usaha UKM, memberikan motivasi serta  mewujudkan kemajuan bidang, pertanian, pekebuanan dan pertenakan di Sumatera Barat, katanya. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post