Hutan Sumbar Terbaik di Sumatera

Nn, Pasaman -- Diawal sambutannya Menteri Kehutanan RI Zulkfli Hasan menyampaikan, bahwa kondisi hutan di daerah Sumatera Barat merupakan yang terbaik di Sumatera. Ini merupakan sebuah kenyataan bahwa budaya menanam dan perhatian pemerintah terhadap kelestarian hutan masih sangat baik. 

Walaupun kita juga melihat bahwa budaya menanam masyarakat pulau Jawa dengan hutan produksi telah memberikan gambaran yang baik bagi kita untuk berbuat lebih baik dalam menjaga kelestarian dan meningkatkan potensi ekonomi masyakat, katanya bangga.

Gubernur Irwan Prayitno dalam sambutannya juga menyampaikan, Rakor Pemprov kali ini telah mengambil tema “ Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Pengelolaan Kawasan Hutan dan Pemberdayaan Masyarakat Madani “. Melalui topic pengelolaan kawasan Hutan, kita berharap provinsi Sumatera Barat yang 58,26 % luasan daratannya adalah kawasan hutan, benar-benar dapat dimanfaatkan segala potensi kehutanan yang ada untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat di dalam wilayah hutan maupun masyarakat  disekitar hutan. 

Tadi saat melintasi kawasan hutan bersama Bapak Menteri, terlihat hutan-hutan kita masih baik dan cukup hijau serta indah. Dan ketika telah mendekati wilayah Pasaman ini kehijauan dan kesejukan alam semakin terasa, namun ada juga beberapa titik masyarakat yang sedang menebang hutan. Dan buru-buru kita telah melakukan koordinasi dengan pihak terkait agar segera ditindak sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. 

Kita juga tidak ingin hutan kita dirusak oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, yang nanti juga membawa penderitaan yang luar biasa bagi masyarakat kita, terutama saat musim hujan yang berakibat longsor, ataupun galodo, ungkapnya.

Dalam kesepatan itu juga Gubernur Irwan Prayitno juga mengumumkan hasil kopetensi Camat terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2011, dengan surat keputusan Gubernur Sumatera Barat nomor : 120 - 269 – 2011, tanggal 10 juni 2011, yang penyelenggaraannya dilakukan pada bulan April oleh Tim Independen yang terdiri dari akemisi dan pamong senior yang berpengalaman dibidang pemerintahan. 

Camat terbaik bidang pemerintahan, diraih oleh Sdri Devi Alfriani, S.IP ( Camat Lubuk Sikaping Pasaman )
Camat terbaik bidang pembangunan diraih oleh, Sdr. Dafrul Pasi, S.IP, MSi ( Camat Payakumbuh Timur, Kota Payakumbuh )
Camat terbaik bidang kemasyarakatan diraih oleh Sdr. Monisfar, S.Sos ( Camat Canduang, Kab Agam ).

Post a Comment

Previous Post Next Post