Sekdaprov Ambil Sumpah PNS Baru

Nn, Padang -- PNS merupakan Aparatur Negara, Abdi Negara dan Abdi Masyarakat untuk menyelenggarakan pemerintahan serta menggerakan dan mempelanjar pembangunan dalam mencapai tujuan pembangunan nasional mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur secara merata. Agar PNS tersebut  dapat melaksanakan tugas sebaik-baiknya, maka perlu pembinaan sedemikian rupa, sehingga mempunyai kesetian dan ketaatan penuh terhadap Pancasila dan UUD 1945.

Ini disampaikan oleh Plt. Sekdaprov Mahmuda Rivai,SH.MM pada acara pengambilan sumpah dan janji PNS dilingkungan Sekretaris Daerah, yang baru saja menerima SK 100 % di Auditorium, Kamis sore ( 7/4).

Lebih jauh Mahmuda Rivai menyampaikan, selain itu PNS juga harus memiliki mental yang baik, bersatu padu, bersih, jujur, berdaya guna, berhasil guna, bermutu tinggi dan penuh tanggung jawab terhadap tugasnya sesuai dengan PP No 53 tahun 2010 pasal 3 dan pasal 4 telah diatur 17 butir kewajiban PNS dan 15 butir Larangan sebagai PNS.

Sumpah janji merupakan suatu kesanggupan untuk mentaati keharusan atau tidak melakukan larangan yang ditentukan. PNS yang telah dipercaya tugas negara yang harus dilaksanakan dengan keikhlasan, kejujuran, tanggungjawab dan taat sistem perundang-undangan yang berlaku.

Mahmuda juga mengharapkan, sebagai PNS hendak wajib dan taat terhadap sepenuhnya kepada Pancasila, UUD 1945 dan NKRI. Kedua mentaati larangan dan kewajiban sebagai mana yang ditetapkan peraturan perundang-undangan serta berdisiplin yang tinggi
Ketiga PNS harus menjunjung tinggi kehormatan negara, pemerintah dan martabat PNS serta mengutamakan kepentingan dinas diatas kepentingan pribadi atau golongan.

Keempat sesuai dengan tuntutan tugas PNS sebagai pelayan masyarakat mesti berbuat profesional dalam melaksanakan tugas yang menuntut selalu meningkatkan kopetensi dan meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan mengembangkan prilaku positif sesuai Etika PNS dalam  melaksanakan tugas kedinasan, hidup dimasyarakat dan keluarga, harapnya. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post