Muslim Kasim :" PNS Mesti Manfaatkan Perkarangan Rumah"

Nn, Padang -- Dalam menghadapi berbagai kemungkin Krisis Pangan di daerah ini dirasa perlu mengembangkan sumberdaya keluarga untuk mengembangkan berbagai jenis tanaman holtikultural, sayur-sayuran, buah-buahan, tanaman hias maupun tanaman obat dilingkungan perkarangan rumah. Sebagaia aparatur pemerintah kita mesti mampu memberikan dorongan motivasi, penggerak pembanguan kepada masyarakat tempat tinggal, dalam memanfaatkan potensi kekayaan alam Sumatera Barat.

Ini disampaikan Wakil Gubernur Muslim Kasim pada sambutan Upacara Rutin Bulanan dilingkungan Pemprov. Sumbar dihalaman kantor Gubernur yang juga dihadiri oleh plt. Sekdaprov. Mahmuda Rivai,SH.MM, beberapa staf ahli, Asisten serta kepala SKPD dilingkunga Pemprov Sumbar. Senin pagi ( 18/4). Upacara Bulanan setiap ini diikuti oleh seluruh aparatur SKPD dilingkungan Pemprov. Sumbar.Lebih jauh Wagub Muslim Kasim menyampaikan, pengembangan tanaman holtikultural diperekarangan akan mampu memperkuat ketahan pangan rumah tangga serta upaya mengurangi ketergantungan akan pasokan dan pembelian dari luar, sekaligus memberdayakan kaum perempuan dalam pemanfaatan sumberdaya tersebut. 

Ini semua terkait dengan salah satu program Gerakan Perempuan untuk Optimalisasi Perkarangan (GPOP), yang bertujuan untuk pemberdayaan perempuan perkotaan melalui optimalisai pemanfaatan perkarangan.Komoditas utama yang akan dikembangkan adalah sayur-sayuran, cabei, terung, tomat, buncis, bayam, kangkung, tamanan obat, buah-buahan dan tanaman hias. Pertimbangan semua itu adalah adanya potensi perkarangan perkotaan dengan pola tanaman pot atau Polibek ( kantung plastik yang diisi tanah subur). Perempuan perkotaan dinilai mampu utnuk menangani produksi sayur dan tanaman hias serta pembibitan guna ketahanan pangan.

Kemudian juga produksi sayur segar langsung ke konsumen dapat menyehatkan masyarakat dan mengurangi biaya transportasi. Selain itu pengunaan sampah organik sebagai sarana pupuk kompos, sehingga pupuk yang diperlukan dapat dipenuhi sendiri.

Muslim Kasim juga menyampaikan, guna mendukung GPOP tersebut kepada PNS dilingkungan pemprov Sumbar mampu menyukseskan program ini melalui partisipasi aktif dilingkungan masing-masing dan menyebarluaskannya kepada masyarakat sekitarnya, termasuk PKK, Posyandu, Dhamawanita dan organisasi wanita lainnya.

Mengamati perubahan cuaca yang tidak menentu saat ini, perlunya menjadi perhatian dan kewaspadaan kepada kita semua. Karena pengaruh curah hujan yang tinggi sangat potensial menimbulkan bajir dan longsor yang dampaknya dapat merugikan kita semua, ajaknya.

Muslim juga mengingatkan pegawainya untuk berkerja dengan baik, jujur, taat aturan dan disiplin. Karena dengan semua itu kita akan mampu mewujudkan PNS yang bekinerja baik dengan hasil yang optimal dalam pelayanan kepada masyarakat.

Orang-orang yang berhasil dengan disiplin itu akan mampu mengaktualisasikan diri dan mengembangkan kemampuan diri dalam mengimbangi dinamika kehidupan yang terjadi.

Untuk kita berharap PNS bekerjalah dengan jujur, tertib dan besemangat serta bertanggungjawab dengan tugas yang diemban. Jauhkan diri dari suasana kerja yang penuh issu, fitnah dan adu domba. Jadikanlah berbagai tugas yang dipercaya kepada kita sebagai salah satu media untuk mengabdi dan beribadah kepada Allah SWT, himbaunya. Zardi

Post a Comment

Previous Post Next Post