Puncak Harganas di Pariaman

Perayaan hari Keluarga Nasional XVII dan Bulan Bhakti Gotong Rakyat (BBGRM) VII tingkat Sumatera Barat Tahun 2010, dipusatkan di Pantai Gandoriah Pariaman, Rabu (4/8). Gubernur Sumbar diwakili Plt. Sekda Provinsi Mahmuda Riva'i, SH, MM dalam sambutannya mengatakan, pelestarian nilai-nilai kegotongroyongan yang selama ini sudah begitu mengakar di tengah masyarakat diharapkan dapat sebagai wahana untuk menjadikan tiap anggota keluarga lebih dapat didayagunakan, dilestarikan dan dikembangkan menuju tumbuhnya keluarga-keluarga yang memiliki potensi dalam pembangunan bangsa dan negara.

Untuk itu Gubernur mengajak seluruh masyarakat Sumbar untuk selalu membuang jauh-jauh setiap sikap dan perilaku yang dapat menimbulkan keretakan dan perpecahan hubungan antar sesama warga masyarakat, menghentikan setiap perbedaan kepentingan yang akan dapat mengarah kepada hadirnya konflik sosial yang dampaknya sangat merugikan masyarakat.

Oleh karena itu, momentum peringatan Harganas dan BBGRM hendaknya dapat dijadikan sebagai ajang menumbuhkan rasa kebersamaan, kekeluargaan dan kegotongroyongan di tengah masyarakat sehingga dapat meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam membangun keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera, dan tumbuh serta selalu dapat dipertahankan semangat kegotong royongan di tengah masyarakat.

Disebutkan, dalam Program Pemberdayaan Masyarakat, PNPM Mandiri Pedesaan merupakan integrasi dan perluasan program-program penanggulangan kemiskinan yang berbasis masyarakat yang sudah dan sedang berjalan dan telah terbukti efektif di wilayah pedesaan bersama dengan Program Penanggulangan Kemiskinan Perkotaan (P2KP) di wilayah perkotaan. Pada tahun 2010 lokasi PNPM-MP Provinsi Sumbar terdapat di 121 kecamatan pada 12 kabupaten dan 7 kota, berdasarkan perkembangan pelaksanaan PNPM-MP tahun 2008 telah mencapai 97,33% dan merupakan terbaik diantara 32 provinsi se Indonesia dan pada workshop nasional sosialisasi PNPM-MP tahun 2009 diinformasikan bahwa Sumbar masih berada pada urutan 10 besar terbaik dan tercepat dalam pelaksanaan progres keghiatan tahun 2009.

Bersamaan dengan hal tersebut pemrintah pusat juga telah memberikan penghargaan terbaik untuk kelembagaan UPK di kecamatan atas prestasinya, dimana sebanyak 31 UPK (30,4%) dari 102 UPK di Sumbar mendapat predikat "A" dari aspek penilaian hasil pemetaan, hal ini tentunya tidak terlepas dari dukungan dan komitmen yang tinggi dari kita semua, terutama peran pemerintah Kab/Kota maupun kecamatan. Sementara itu Walikota Pariaman Mukhlis Rahman dalam hantaran katanya menyatakan bangga bhawa kota Pariaman terpilih sebagai lokasi hari puncak Harganas 2010, khususnya untuk lebih memperkenalkan objek-objek wisata di kota Pariaman. Karena itulah sengaja pihaknya memilih Pantai Gandoriah sebagai pusat lokasi acara karena memang keindahan pantai tersebut sedang dijadikan salah satu ikon pariwisata Pariaman.

Dikatakan, saat ini ada 12 titik yang bisa dikembangkan sebagai objek wisata di kota Pariaman termasuk pengembangan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Thema peringatan Harganas XVII dan BBGRM VII tahun 2010 ini adalah "Dengan semangat Gotong Royong kita Mantapkan Pemberdayaan Masyarakat dan Revitalisasi Program Keluarga Berencana Nasional" sementara Mottonya adalah "Gotong royong Keluarga Membangun Desa dan Kelurahan" Berbagai kegiatan dalam rangkaian kegiatan Harganas XVII dan BBGRM VII tahun 2010 Tingkat Sumbar diarahkan untuk meningkatkan kepedulian terhadap keluarga-keluarga dan masyarkaat terutama keluarga yang kurang mampu dalam meningkatkan kegiatan program KB dan pembangunan keluarga sejahatera serta program pembangunan lainnya.

Beberapa kegiatan yang telah dilakukan panitia tingkat provinsi diantaranya adalah bhakti sosial berupa pemberian paket sembako gratis bagi gakin dari Dinas Sosial, road Show semarak KB-Kes pada tiga daerah Kabupaten/Kota yaitu Tanah Datar, Sijunjung dan Kota PAriaman, dialog interaktif yang berkaitan dengan KB dan kependudukan serta kesehatan reproduksi remaja di Padang TV, pelayanan KB pria vasektomi bersama kepolisian dan TNI, seminar kontrasepsi terkini dan kesehatan reproduksi dan beberapa kegiatan lainnya.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan hadiah kepada berbagai lomba dalam rangkaian Harganas dan BBGRM 2010 , diantaranya pemenang Kader IMP terbaik, Kader BKB,kader BLK, Kader UPPKS, Keluarga harmonis dan sejahtera, PLKB/PKB, pengelola PIK-Remaja terbaik dan pengelola KB Perusahaan terbaik. relis

Post a Comment

Previous Post Next Post