Dr Bahkrizal,M,Km, Pangku Gelar Adat Dt Tumangguang.

Dr Bakhrizal,M,Km Dt Tumangguang, bersama Bundo Kanduang, saat Menuju Kantor Kerapatan Adat Nagari Lubuk Basung.

Agam, Nusantaranews.net,- Patah Tumbuah Hilang Baganti, itulah Strata yang berlaku di alam Minang Kabau, kali ini "Suku Koto" Dt Tumangguang, Kecamatan Lubuak Basung,Kabupaten Agam, Baralek Gadang.

Tepatnya di Ujuang Labuah, Nagari Persiapan Surabayo, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat "Batagak Pangulu"  Malewakan Gelar Adat, Dt Tumangguang, Pasukuan Kaum Suku Koto, yang di amanatkan pada Dr. Bakhrizal, M.Km, yang Notabene Kepala Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh, Sumatera Barat.

Prosese Palewaan Gelar Adat, yang di hadiri seluruh Kemanakan Pasukuan Koto, di bawah Payuang Dt Tumangguang ini berjalan lancar dan hikmat pada Sabtu (11/9) di Ujung Labuah, Nagari Persiapan Surabayo, Lubuk Basung, Kabupaten Agam.

Selain itu Kegiatan ini juga tampak dihadiri para Ninik Mamak yang tergabung dalam Kerapatan Adat Nagari (Baca-KAN) Lubuk Basung, serta Bundo Kanduang, juga para tamu dan undangan lainya,

Dr Bakhrizal Dt Tumangguang, Foto bersama Para Ninik Mamak lainya di Halaman Kantor Kerapatan Adat Nagari Lubuk Badung,

Tidak hanya sampai disitu, "Rumah Tuo" yang merupakan kediyaman orang tua Dr.Bahkrizal, Dt Tumangguang, dipenuhi jejerang Karangan Bunga, dari berbagai unsur dan lembaga sebagai Ucapan Selamat atas Pengangkatan Sang Kepala Dinas sebagai Ninik Mamak Suku Kota.

Dalam hal ini Warga tampak  berdesakan saat Prosesi Dr. Bakhrizal, mengucapkan Sumpah, jabatan sebagai Dt Tumangguang,
dalam Pasambahan Adat, saling lempar Patatah Patitih, Minang Kabau, yang sudah jarang didengar, tetapi pada acara itu, sungguh dirasakan bagaikan hidup kembali buat selama-lamanya.

Pada Prosesini tampak Antusias Warga, memenuhi Balai-balai, (Baca-Balerong) menyimak Prosesi Pengangkatan Dr Bakhrizal, sebagai Dt Tumangguang, antara Junaidi Ali Sahputra Dt Rajo Nan Sati, dengan Ketua Kerapatan Adat Nagari (KAN) Lubuk Basung, Ir. Novi Endri,M,Sc Dt. Simarajo membahana, membuat seisi ruangan dan Balai-balai, menyimak jalannya Prosesi Palewaan Gelar Dt Tumangguang, tersebut.

Sebagai salah seorang Ninik Mamak (Pemangku Adat) dalam Pasukuan Koto, Dr Bahkrizal Dt Tumangguang, harus berlaku adil pada seluruh Anak Kamanakan, seperti  Pepatah mengatakan, "Tibo di Paruik Indak Bakampihan, Tibo di Mato Indak Bapiciangan, ka Ateh Indak Bapucuak, ka Bawah Indak Baurek.

Itu lah Sumpah yang dibacakan Ketua KAN Lubuk Basung Ir. Novi Endri Dt. Simarajo, yang juga salah seorang Niniak Mamak Suku Koto, dengan berjumlah 11 Penghulu itu.

Istimewa, Kegiatan Prosesi Palewaan Gelar Adat Dt Tumangguang, yang diamanatka pada salah seorang Putra Terbaik Suko Koto Lubuk Basung, Dr Bahkrizal,M,Km, ini tampak di hadiri Wakil Wali Kota, Payakumbuh, H Erwin Yunaz,SE,MM, dan Rombongan, serta Pejabat Struktural  lainnya.

Dalam Prosesi Kegiatan Palewaan "Gala Adaik" (Gelar Adat) seluruh Anak Kamanakan yang tergabung dalam Payung Dt Tumangguang, ini sepakat untuk mengamanatkan Gelar Adat Dt Tumangguang, pada Dr Bakhrizal, dengan Sumpah dibawah Alqur’an. 

Sesi lain, setelah seluruh rangkaian Prosesi Pengukuhan Gelar Dt Tumangguang, dilewakan Dr Bahkrizal Dt Tumangguang, dilewakan ke Nagari, dalam Kerapatan Adat Nagari Lubuk Basung, dengan iring - iringan Tambua Tansa, serta Anak Kamanakan Kaum Suku Kota Dt Tumangguang.

Salah seorang Anak Kamanakan Suku Koto dibawah Payuang Kaum Dt Tumangguang, saat di Konfirmasi Nusantaranews.net, di lokasi Palewaan Gala Adaik, Sabtu (11/9) Taufik Wahyudi, mengatakan, Patah Tumbuah Hilang Baganti, Mancaliak di Ateh Patuik, Mamandang di Ateh Rupo, sarato Patuik jo Mingkin, dalam hal ini kami seluruh Anak Kamanakan, sarato jo Pusako, sepakat mengamanatkan Gelar Adat Dt Tumangguang, ini pada Saudara kami Dr Bahkrizal, sebagai Ninik Mamak Suku Koto Payuang Dt Tumangguang, menggantika Mamak kami yang telah Almarhum beberapa bulan lalu,"Pungkas Pengusaha Muda yang akrap disapa Yudi,ini dengan senyum yang Khas. (Bagindo)


Post a Comment

Previous Post Next Post