Susun RKPD Tahun 2022, Bappeda Sarolangun Gelar Forum Konsultasi Publik


N3,SAROLANGUN - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sarolangun menyelenggarakan Forum Konsultasi Publik dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sarolangun tahun 2022 di Aula Kantor Bappeda, Senin (22/02/2021).

Forum Konsultasi Publik ini dibuka oleh Wakil Bupati H.Hillalatil Badri dan diikuti oleh unsur Forkompinda Kabupaten Sarolangun, Wakil Ketua I DPRD, Kepala Bappeda, para Asisten dan Staf Ahli, seluruh Kepala OPD lingkup Pemkab Sarolangun, seluruh Camat dan Perwakilan Akademisi, Mahasiswa, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Asosiasi, LSM dan insan Pers.

Wakil Bupati Sarolangun H.Hillalatil Badri dalam sambutannya mengatakan, jika untuk tahun 2022 nanti merupakan tahun kelima dalam upaya pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati, yaitu "Sarolangun Lebih Sejahtera", sehingga menjadi prioritas utama dalam mewujudkan visi dan misi tersebut bisa tercapai.

Masih dikatakan H.Hillalatil Badri, jika pada tahun 2022 nanti guna mewujudkan visi dan misi tersebut akan mengusung 5 fokus prioritas, antara lain, peningkatan ekonomi daerah, peningkatan kuantitas dan kualitas pembangunan daerah, peningkatan tata kelola pemerintahan, peningkatan Umber Daya Manusia yang sosial dan agamais dan pengelolaan Sumber Daya Alam yang berkelanjutan.

" Ini semua menjadi konsenkuensi kita, baik dalam perencanaan, pendanaan dan pengawasan," ujar Wabup.

Untuk mencapai terwujudnya pembangunan daerah itu juga, ditambahkan Wabup akan menekankan pada pemanfaat Dana Desa, alokasi dana APDes guna meningkat perekonomian masyarakat yang produktif.

Terakhir Wabup menyebutkan, jika Forum Konsultasi Publik hari ini memiliki arti yang strategis dalam memberikan pemikiran dan pengembangan untuk pembangunan satu tahun kedepan, sehingga dengan demikian pembangunan terarah, terukur dan Akuntable.

" Semoga dengan acara ini semua stakeholder bisa memberikan pemikiran, dengan demikian pembangunan satu tahun kedepan bisa terarah, terukur dan akuntabel.sehingga dapat menyentuh masyarakat secara langsung," tutup H.Hillalatil Badri.

Sementara Kepala Bappeda Sarolangun H.Lukman dalam laporannya mengucapkan terima kasih atas partisipasi semua pihak dalam acara Forum Konsultasi Publik ini, semoga dapat bersinergi dan bermufakat dalam pembangunan kedepan.

" Setiap tahun proses perencanaan selalu diperbaiki kualitas dan penyempurnaan sehingga diperoleh program pembangunan yang benar berkelanjutan dan tersentuh langsung oleh masyarakat," sebutnya.

Masih dijelaskan H.Lukman, Forum Konsultasi Publik sebagai kelanjutan tahapan sebelumnya, yaitu Musrenbang Desa/Kelurahan dan Kecamatan. Selanjutnya akan dilanjutkan dengan Forum Gabungan Perangkat Daerah, lalu Forum SKPD, setelah itu baru digelar Musrenbang RKPD tahun 2022.

Terakhir Kepala Bappeda H.Lukman mengatakan jika Forum ini dilaksanakan dengan tujuan menyaring aspirasi para pemangku kepentingan untuk menentukan arah pembangunan dan mendapatkan masukan, gagasan, pemikiran terhadap prioritas pembangunan.

" Selain itu guna meningkatkan transparansi dalam perencanaan pembangunan," sebutnya.

Bertindak sebagai Narasumber dalam Forum Konsultasi Publik ini ,Kepala Bappeda, Kepala BPPRD dan Kepala BPKAD.

(SRF)

Post a Comment

Previous Post Next Post