N3 Payakumbuh -- Lomba Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) antar wilayah Polsek se-Polresta Payakumbuh digelar, lomba ini merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan Polresta Payakumbuh dalam rangka HUT Bhayangkara ke-73.

Poskamling 01 di Kelurahan Koto Tangah terpilih mewakili Poskamling yang ada di wilayah hukum Polsek Kota Payakumbuh untuk ikut dalam lomba ini.

Bertempat di Poskamling 01 Kelurahan Koto Tangah, Selasa(25/6) ada Tim Penilai dari Kabag Ren Polres Payakumbuh dan Kasat Binmas, Kompol Hikmah, juga tampak hadir Wakapolsek Kota Payakumbuh.

Lurah Koto Tangah Ade Vianora,SE didampingi Ketua LPM Junaidi, ST yang merupakan Camat Payakumbuh Selatan, Ketua RW, Ketua RT, Babinkamtibmas Aiptu Yuskam, Babinsa Sertu Afrizaldi, Linmas Kelurahan, serta tokoh masyarakat diantaranya Syafrizal, S.Sos yang juga Kabid Penegak Perda Satpol PP, serta ibu-ibu yang ada di Koto Tangah.

Dikatakan Kabag Ren, Lomba Poskamling ini adalah salah satu bentuk upaya untuk mengaktifkan kembali peran serta masyarakat dalam menjaga jetentraman dan ketertiban di kelurahan, dan kegiatan ronda ini jangan hanya dilakukan ketika lomba saja tetapi jadikan sebagai perwujudan memberikan rasa aman dan nyaman secara terus menerus kepada warga.

Oleh Kasat Binmas, "dalam lomba ini ada beberapa item yang dinilai, diantaranya keaktifan ronda yang dilakukan yang dibuktikan dengan buku administrasinya, kondisi fisik dari Poskamling itu sendiri, seperti sarana dan prasarana yang dimiliki sebuah pos ronda, ditambah dengan partisipasi masyarakat terhadap pelaksanaan ronda itu," ujar Kompol Hikmah.

Lurah Ade Vianora mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek Kota Payakumbuh yang telah memilih pos ronda 01 Koto Tangah untuk mewakili Polsek Kota untuk mengikuti lomba ini. Poskamling 01 Koto Tangah sudah berjalan dengan baik, bahkan dalam Lomba Kelurahan Berprestasi (LKB) kemaren pelaksanaan kegiatan pos ronda ini menjadi salah satu penopang dari kegiatan bidang keamanan dan ketertiban di Kelurahan Koto Tangah.

"Lurah dan masyarkat ingin agar Poskamling ini mampu menjadi salah satu tempat yang multifungsi, seperti halnya Poskamling ini juga merupakan sebagai tempat anak-anak belajar di siang dan sore hari karena di pos ronda ini ada pojok baca atau taman bacaannya, disamping juga sering digunakan bagi masyarakat petani disekitar lokasi untuk tempat sholat," tukas Ade.

Ketua LPM Junaidi berharap kedepan Poskamling ini akan dibuat permanen dan lokasinya sedang dalam proses kesepatakan bersama masyarakat Koto Tangah. 

"Karena di Poskamling ini selain untuk tempat ronda, juga akan dijadikan sebagai tempat rapat dan diskusi oleh pemuda dan masyarakat sekitar," pungkasnya. (RS).
 
Top