N3, Magelang - Entah apa yang ada di pikiran bocah bernama Bayu, pelajar SD Negeri Jangkungan kelas 1 Desa Gandusari, Kecamatan Bandongan, Kabupaten Magelang, tiba-tiba  memberanikan diri mendekati anggota TNI yang tergabung dalam Satgas TMMD 102 Wilayah Kodim 0705/Mgl yang sedang melaksanakan istirahat siang. 

Apa gerangan yang hendak ia lakukan? Ternyata ia berniat memberikan jeruk manis yang ia bawa. Setelah memberi hadiah untuk anggota TNI itu, bayu bercerita dengan nada malu bahwa ia sangat mengagumi TNI.

Bayu  mengaku sangat simpatik melihat anggota Satgas TMMD yang bekerja tanpa mengenal lelah sejak dini hari hingga terik matahari siang. "Saya suka lihat tentara, sangat hebat walau panas tetap bekerja," ujarnya Bayu.

Siang itu, beberapa anggota Satgas TMMD 102 sedang melaksanakan perbaikan jalan yang menghubungkan Dusun Grenjeng dengan Dusun Miirimunggul. Jalan ini merupakan satu – satunya  akses yang dilalui bayu menuju ke sekolahnya yang tidak jauh dari lokasi perbaikan jalan.

Serda Purwanto, anggota Satgas TMMD pada mulanya bingung setelah menerima buah jeruk itu dari anak terebut. Ia mengira bahwa anak tersebut ingin menjual buah tersebut. Ketika ia memberi uang, Bocah bayu malah menolaknya seraya berkata  "kulo paringi jeruk pak Komandan, komandan coba mawon,niki kagem komandan kersane mboten ngelak  (saya kasih jeruk pak komandan, komandan coba saja, Ini buat komandan supaya tidak haus )," kata Bayu. 

Keikhlasan Bayu memberikan buah jambu membuat seluruh satgas TMMD yang berada di lokasi tersebut mengaku terharu dan simpatik terhadap sikap Bayu, bocah Dusun Grenjeng Desa Gandusari. 

Serda purwanto langsung mengucapkan terima kasih sambil mengelus kepala anak tersebut dan mendoakan agar anak tersebut kelak dewasa menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa.

Kemudian anak tersebut berpaling hendak kembali ke rumahnya sebelum melangkahkan kakinya, bayu sempat berkata, "Komandan nek kulo pun ageng pengen dados tentara kayak om (komandan kalau sudah besar mau jadi tentara seperti om) ," kata Bayu sambil bergegas.. 

Mendengar kata – kata seperti itu Serda Purwanto pun menjawab, "Amin Yaa Robbal Aalamiin. Semoga yang dicita-citakan anak tersebut tercapai," ucapnya.(R14)
 
Top