N3, Padang ~ Pendidikan dan Pelatihan Dasar angkatan ke-5 bagi  sebanyak 83 personil Praja Muda Sat Pol PP Kota Padang resmi ditutup Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang, Asnel di Aula Kantor Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Polda Sumbar Padang Besi, Senin (23/4) pagi. 

Atas nama Pemerintah Kota Padang, Asnel pun memberikan selamat kepada 83 Praja Muda Sat Pol PP Kota Padang yang telah selesai mengikuti latihan pada Diklat Dasar (Diksar) yang diselenggarakan sejak 25 Maret hingga 23 April itu. 

“Selamat bagi semua Praja Muda Sat Pol PP Kota Padang yang telah mengikuti Diksar ini. Semoga Anda semua menjadi personil yang tangguh dan berwibawa selaku pasukan Penegak Peraturan Daerah (Perda) Kota Padang,” ucap Sekda dalam kegiatan yang dihadiri unsur pimpinan dan jajaran instruktur dari SPN Polda Sumbar tersebut.

Seperti diketahui, pelaksanaan Diksar ini merupakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) teknis dan fungsional Pol PP yang wajib diikuti oleh seluuh anggota Sat Pol PP sesuai amanat pada Pasal 21 Peraturan Pemerintah (PP) No.6 tahun 2010. Hal ini penting dilakukan, mengingat dalam pelaksanaan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) sebagai penegak Perda, Peraturan Kepala Daerah, serta menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, anggota Sat Pol PP perlu dibekali dengan pengetahuan tentang tugas pokok serta perundang-undangan yang menjadi dasar dalam penegakan aturan. 

Di samping itu, pembekalan untuk kesiapan dan keterampilan serta kemampuan fisik sesuai standar yang harus dimiliki oleh personil dalam setiap penanganan kasus. Maka dari itu, para instruktur dari SPN Polda Sumbar memberikan kesamaptaan, sehingga memiliki standar kompetensi yang sangat diperlukan dalam pelaksanaan tugas. 

Pelaksana Tugas (Plt) Sat Pol PP Kota Padang melalui Sekretarisnya, Yose Rizal menyampaikan, Diksar ini sangat penting dilakukan bagi Praja Muda Sat Pol PP Kota Padang sebelum melaksanakan tugas nantinya. Sebagaimana perlu ditempa secara fisik dan mental untuk dapat menangani seluruh tugas secara bijak. Kemudian diharapkan mampu mencarikan solusi yang terbaik sehingga semua yang dilakukan tepat sasaran tentunya tidak menyalahi aturan. 

“Untuk itu, kepada peserta yang telah selesai mengikuti Diksar ini, diharapkan agar terus dan selalu banyak belajar sekaligus menambah wawasan pengetahuan sesuai tupoksi kita. Dimana setiap anggota Sat Pol PP juga wajib menjunjung tinggi norma hukum, agama, hak azazi manusia dan norma sosial lainnya di tengah masyarakat,” imbuhnya.

Kemudian Yose juga mengarahkan kepada personil Sat Pol PP wajib mengedepankan bertindak secara persuasif dalam menangani setiap kasus. Lalu melakukan pembinaan dan memberikan pemahaman dengan bahasa yang santun dan humanis, sehingga dapat diterima masyarakat dengan baik dan bersama-sama menegakkan aturan guna menuju Kota Padang yang tertib dan aman.

"Jadi, dalam diri seorang anggota Sat Pol PP yang baru saja menyelesaikan pendidikan kita harus dapat memperhatikan beberapa hal. Diantaranya mulai dari sikap dan perilaku yang menjadi teladan di lingkungan kerja. Lalu senantiasa meningkatkan kompetensi serta terus melakukan inovasi dalam pelaksanaan tugas penertiban dan pelayanan masyarakat. Kemudian memiliki mental pantang menyerah, integritas dan motivasi yang tinggi disertai kejujuran dan disiplin. Selanjutnya selalu menyikapi perubahan dengan mempelajari peraturan perundang-undangan disertai petunjuk teknis pelaksanaan tugas," paparnya.

Maka dari itu, tambahnya lagi, kepada semua peserta yakni para Praja Muda diharapkan, semoga ilmu pengetahuan dan keterampilan yang sudah didapatkan selama pendidikan dijadikan sebagai pedoman dan bekal dalam pelaksanaan tugas pembinaan kepada masyarakat di lapangan. 

"Kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran SPN Polda Sumbar yang telah memfasilitasi, sekaligus telah menyediakan sarana dan prasarana dalam penyelenggaraan Diksar ini. Semoga kemitraan ini terus berlanjut khususnya dalam meningkatkan pengembangan sumber daya aparatur Sat Pol PP Kota Padang secara berkelanjutan,” tukasnya mengakhiri.(dv)
 
Top