N3 Limapuluh Kota - Dalam momentum peringatan hari jadi administrasi Kabupaten Limapuluh Kota ke-177 wakil ketua DPRD Deni Asra tokoh muda dari Partai Gerindra yang merupakan Koordinator komisi satu yang didampingi oleh Ketua Komisi I Hemmy Setiawan dari Fraksi PDIP & PKB, menyatakan mari jadikan momentum peringatan hari jadi ke-177 ini sebagai peningkatan kepedulian terhadat peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia, semakin tinggi kualitas Sumber Daya Manusia suatu daerah maka akan semakin tinggi tingkat pencapaian pembangunan daerah tersebut.

Sedangkan tujuan atau target yang ingin dicapai dalam pembangunan adalah terjadinya perubahan-perubahan kearah peningkatan    Sumber Daya Manusia dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Keberhasilan pembangunan sumberdaya manusia dapat dilihat dari gambaran kualitas fisik dan non-fisik dimana di dalamnya termasuk karakter atau menurut kearifan lokal daerah adalah kualitas moral spiritual. Kualitas fisik sangat erat kaitannya dengan pemenuhan pelayanan pendidikan dan kesehatan, serta penciptaan kondisi yang baik bagi kehidupan sosial kemasyarakatan.” ujar Deni Asra, S.Si Wakil Ketua DPRD Limapuluh Kota  dan Koordinator Komisi I.

Untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia , harus menyelesaikan permasalahan utama dibidang pendidikan hal ini dapat dicapai apabila pemerintah memberikan perhatian kepada para tenaga pendidik. Disamping meningkatkan mutu guru yang professional dan sarana prasarana pendidikan , untuk meningkatkan SDM adalah meningkatkan derajat kesehatan  yang masih rendah. Rendahnya derajat kesehatan masyarakat  merupakan masalah pokok bidang kesehatan di Kabupaten Lima Puluh Kota yang menyebabkan rendahnya Sumber Daya Manusia. Demikian juga halnya kondisi derajat kesehatan masyarakat yang belum menggembirakan, baik kondisi sanitasi, air minum, lingkungan, dan persampahan. Hal ini perlu menjadi perhatian untuk dibenahi pada tahun mendatang.   ” Terang Deni Asra politisi muda Gerindra.

Terkait dengan pemenuhan harapan kualitas  sumber daya manusia, indeks pembangunan manusia (IPM) Kabupaten Lima Puluh Kota di awal RPJMD , jika kita lihat dari nota penyampaian LKPJ Bupati tahun 2016 ,  IPM Limapuluh Kota pada tahun 2016 adalah sebesar 67,65 %  sementara pada tahun 2019 telah ditetapkan angkanya sebesar 70,05 %, dan pertumbuhan ekonomi  6,49 % Perlu suatu kerja keras untuk mencapai hal ini,” tukuk Deni Asra.

DPRD Tingkatkan Kepedulian Pembangunan IKK

Sarilamak-Dalam momentum peringatan hari jadi administrasi Kabupaten Limapuluh Kota ke-177 wakil ketua DPRD Sastri Andiko Dt.Putiah SH yang merupakan Koordinator komisi dua yang didampingi oleh Ketua Komisi III Amril B Dt Tan Bagindo dari Fraksi PDIP & PKB mengharap peringatan hari jadi ke-177  sebagai momentum peningkatan kepedulian terhadat peningkatan pembangunan Ibu Kota Kabupaten Sarilamak yang telah tertuang di RPJMD.

“Kita mengharapkan pemerintah daerah segera untuk kembali menyampaikan revisi Rancangan Peraturan daerah (Ranperda) RTRW kepada DPRD untuk dibahas, dengan revisi Perda RTRW Kabupaten Limapuluh Kota akan berfungsi untuk acuan lokasi investasi dalam wilayah Limapuluh Kota  yang dilakukan pemerintah, masyarakat, dan swasta; pedoman untuk penyusunan rencana tata ruang kawasan strategis kabupaten;  dasar pengendalian pemanfaatan ruang dalam penataan/pengembangan wilayah kabupaten yang meliputi indikasi arahan peraturan zonasi, arahan perizinan, arahan insentif dan disinsentif, serta arahan sanksi; dan acuan dalam administrasi pertanahan sehingga , Dengan adanya revisi RTRW kita akan dapat melanjutkan penyusunan Ranperda Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) IKK Sarimalak sebagai pusat pemerintahan dan pusat ekonomi “ terang Sastri Andiko Dt. Putiah SH yang terkenal tegas tersebut dari Fraksi Demokrat.

Tingkatkan Kepedulian Sosial

Dalam momentum peringatan hari jadi administrasi Kabupaten Limapuluh Kota ke-177  ketua DPRD Limapuluh Kota Safaruddin Dt.Bandaro Rajo SH  tokoh senior dari Partai Golkar yang merupakan Koordinator komisi tiga yang didampingi oleh Ketua Komisi III Akrimal Adam SH dari Partai PAN menyatakan untuk peningkatan kepedulian sosial.

“Sesuai dengan tema hari jadi ke-177 untuk meningkatkan kepedulian sosial yang merupakan amanah dari misi ke-3 dalam RPJMD yaitu, meningkatkan kualitas sumber daya manusia  yang bertujuan untuk meningkatkan Kesejahteraan Sosial Masyarakat, dengan sasaran-sasaran pembangunan sebagai berikut :menurunnya angka kemiskinan, meningkatnya pelayanan pembinaan PMKS, meningkatnya pelayanan kesejahteraan sosial dan meningkatnya pelayanan terhadap lansia. Kepedulian sosial ini diharapkan dapat mencapai sasaran angka kemiskinan  sebesar 4,88 % dalam target RPJMD di tahun 2019, perlu perhatian serius terhadap kepedulian sosial kedepannya.” Ujar Safaruddin Dt.Bandaro Rajo SH.

Ditambahkannya “Kemiskinan merupakan masalah kompleks yang di hadapi oleh seluruh pemerintahan yang ada. Ia di pengaruhi oleh beberapa faktor yang saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Faktor tersebut antara lain tingkat pendapatan, pendidikan, kesehatan, akses barang dan jasa, lokasi geografis, gender dan kondisi lingkungan. Kemiskinan merupakan kondisi dimana seseorang tidak dapat memenuhi kebutuhan dasarnya dalam rangka menuju kehidupan yang lebih bermartabat. Oleh karena itu, kemiskinan wajib untuk ditanggulangi, sebab jika tidak tertanggulangi akan dapat mengganggu pembangunan daerah.

“Bagaimanapun juga untuk mensejahterakan masyarakat , sangat perlu kedepannya lebih fokus dalam penanganan penanggulangan kemiskinan yang komprehensif melalui program kegiatan  yang mengarah untuk memperbaiki program perlindungan sosial, meningkatkan akses terhadap pelayanan dasar, pemberdayaan kelompok masyarakat miskin  serta menciptakan pembangunan yang inklusif.

Untuk itu kiranya pemerintah perlu membuat ketegasan dan kebijakan yang lebih membumi dalam rangka menyelesaikan masalah kemiskinan ini. Beberapa langkah yang bisa dilakukan diantaranya adalah : menciptakan lapangan kerja yang mampu menyerap banyak tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran. Dan juga memberikan pelatihan kewirausahaan serta kegiatan magang bagi wirausaha muda sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan“ ulas Safaruddin Dt.Bandaro Rajo SH. (rel)
 
Top