N3 Payakumbuh - Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Payakumbuh menargetkan minimal 4 perolehan Medali Emas dan Medali perak dan perunggu sebanyak-banyaknya saat Pelaksanaan Pekan Olahraga Propinsi (Porpov) tahun 2018 di Kabupaten Padang Pariaman nanti. Untuk memaksimal hasil tersebut, PRSI terus memaksimalkan latihan bagi atlit-atlit renang kota Payakumbuh yang akan diturunkan diberbagai Kelas, ungkap Ketua PRSI Edvianus kepada wartawan di kawasan kolam renang Ngalau Indah kota Payakumbuh, Kamis (22/2).

Dikatakan, meski belum berhasil memperoleh medali Emas, pada Porprov sebelumnya di kota Padang, Cabang Olahraga (Cabor) Renang berhasil memperoleh hasil yang cukup membanggakan, yakni dengan total perolehan medali sebanyak 10 Medali. Perolehan tersebut terdiri dari 7 Medali Perak dan 3 Medali Perunggu. Sementara saingan terberat pada Porprov di Padang Pariaman nantinya di prediksi adalah atlit renang asal kota Padang.

“Dengan atlit-alit yang kita miliki sekarang ini, kita menargetkan minimal perolehan medali emas sebanyak 4 medali dan medali perak serta perunggu sebanyak-banyaknya. Mudah-mudahan apa yang kita targetkan tersebut bisa tercapai. Sehingga cabang Renang bisa ikut mengharumkan nama Payakumbuh dalam event olahraga tingkat Propinsi itu," ujar Edvianus.

Sebelumnya Pemerintah kota (Pemko) Payakumbuh melalui Koni juga telah memberikan Dana pembinaan bagi Atlit Cabang Olahraga (Cabor) yang ada, termasuk Renang melalui club renang yang ada.

“Mudah-mudahan dana pembinaan yang diterima Atlit renang kita dapat memacu semangat mereka untuk terus melakukan Persiapan dalam menghadapi Porprov," harapnya.

Sebelumnya, atlit renang yang menerima dana pembinaan tersebut juga memperoleh hasil yang memuaskan saat mengikuti Kejuaraan Renang Tingkat Nasional Riau Open 2017 di Riau Aquatic Center, Rumbai Sport Center, Pekanbaru, bulan November 2017 lalu. Mereka juga akan dipersiapkan untuk menghadapi dan O2SN SD, SMP, SMU serta ajang Kejurnas di bulan Maret 2018 mendatang.

Sementara, Pengurus club Renang BSSC melalui Manager Mulia Raja N, berharap penerimaan dana hibah kedepannya dapat di tingkatkan, baik penerima maupun jumlah nilainya, disamping juga berharap masuk kolam renang tidak ada pungutan/gratis dan juga ada lomba Pra Porprov di Kota Payakumbuh serta Mendatangkan pelatih luar untuk penyegaran anak dan yang paling penting bantuan peralatan renang yang memadai. “Kami berharap kedepan, perhatian untuk atlit renang lebih ditingkatkan," pungkasnya. (Rahmat Sitepu)
 
Top