N3 Payakumbuh - Pemerintah kota (Pemko) Payakumbuh melalui Dinas Pertanian bekerjasama dengan TNI/Kodim 0306/50 Kota, mengadakan rapat persiapan program Pengembangan Areal Tanam Baru, di Terminal Agrobisnis Payobasuang Payakumbuh Timur, Rabu (21/2).

Kegiatan ini dihadiri Danramil 01 Payakumbuh Kapten CZI Joni Porta, Camat Payakumbuh Timur, Babinsa, PPL, BPP se kota Payakumbuh dan Kabid Pengairan Dinas PUPR kota Payakumbuh.

Perluasan Areal Tanam Baru (PATB) ini bersifat nasional dan salah satu programnya adalah PAJALE (Padi Jagung dan Kedelai), khusus kota Payakumbuh akan memfokuskan tanaman Padi dan Jagung, ungkap Kepala Dinas Pertanian kota Payakumbuh Ir. Syahrial saat membuka rapat tersebut.

“Target PATB untuk tanaman Padi seluas 551 hektar sudah terpenuhi, namun untuk tanaman Jagung lahan yang tersedia 289,5 hektar, masih kurang 263,5 hektar lagi,” kata Syahrizal.

Untuk menyikapi ini Syahrizal berharap, semua elemen yang terlibat mencari lahan-lahan kosong milik masyarakat yang tidak digarap, agar dapat diikutkan dalam program PTAB ini.

Komandan Kodim 0306/50 Kota Lekol Kav Solihin, S.Sos, MM dalam pesan yang disampaikan Kapten CZI Joni Porta mengatakan, program ini adalah turunan dari MoU antara Panglima TNI dan Menteri Pertanian, TNI mendukung secara Maksimal sesuai dengan Tupok TNI yaitu OMSP (Opersi Militer Selain Perang”.

Solihin juga berharap, rekan-rekan media membantu mengekspose kegiatan ini agar tercapai Sukses Ketahanan Pangan dan Sukses Pertahanan Nasional.

“Program ini ditargetkan hingga akhir tahun 2018 ini dan apabila diestimasi dari umur tanaman jagung dari pengolahan lahan, penanaman hingga panen, akan terjadi tiga sampai empat kali masa panen. Babinsa dibawah Komando Ramil 01 berjumlah 33 orang siap melakukan secara maksimal program ini,” ungkap Joni Porta.

Pemerintah dalam kegiatan ini akan membantu berupa, Bibit, Pupuk dan Pemasaran, sementara untuk lahan dan pekerjanya Ketua kelompok yang ditunjuk, agar mencari dengan bekerjasama dengan masyarakat dan kelompok-kelompok tani. (Rahmat Sitepu)
 
Top