Ilustrasi


Nusantara ~ Puasa merupakan aktivitas sukarela dengan berpantang dari Makan, Minum atau keduanya serta perbuatan buruk dan Segala hal yang dapat membatalkan puasa, untuk periode tertentu.

Puasa adalah aktvitas umum yang dijalankan oleh berbagai keyakinan dengan tujuan-tujuan tertentu, selain itu juga dalam medis atau kesehatan pun sering digunakan terutama pada saat sebelum operasi atau untuk keperluan diet makanan tertentu. 

Bagaimana dengan puasa senin kamis? Salah satu puasa yang populer saat ini dan banyak dilakukan terutama oleh Sahabat Muslim tersebut memiliki banyak manfaat, terutama manfaat untuk menjaga kesehatan.

Setiap puasa yang dilakukan memiliki tujuan tertentu, baik untuk beribadah kepada Tuhan YME maupun untuk tujuan kesehatan tertentu. Nah, untuk puasa senin kamis, berikut manfaat kesehatan yang diperoleh ketika seseorang melakukannya secara rutin.

Mencegah Obesitas dan Penyakit Jantung
Dengan rutin puasa senin kamis, asupan kalori akan terbatas dan secara rutin akan beradaptasi dengan kebutuhan tubuh. Dengan kalori yang tidak berlebihan, mencegah timbulnya berbagai penyakit seperti Obesitas atau kegemukan dan Penyakit Jantung. Oleh karena itu, bagi yang menginginkan tubuh yang ideal serta sehat secara umum, sebaiknya puasa senin kamis secara rutin.

Menjaga Kesehatan Secara Umum
2 kali dalam seminggu untuk puasa merupakan aktivitas yang ideal dalam menjaga kesehatan tubuh. Tubuh beraktivitas lebih tinggi manakala makanan yang dikonsumsi dalam jumlah banyak terutama pencernaan. Dengan puasa, pencernaan akan lebih "beristirahat" dibandingkan dengan tidak berpuasa. Waktu untuk "istirahat" pencernaan inilah yang diperlukan guna menjaga keseimbangan dan kestabilan tubuh supaya tetap sehat dan bugar. Namun perlu diperhatikan, jika Anda memiliki gangguan pencernaan sebaiknya mengkonsultasikan kepada dokter Anda terlebih dahulu.

Menjaga Tubuh Tetap Awet Muda
Tubuh dijaga supaya tampak awet muda dengan mengurangi berbagai zat yang dapat merusak sel-sel tubuh. Mulai dari polusi udara sampai dengan makanan yang dikonsumsi. Terutama untuk makanan yang dikonsumsi, dengan puasa senin kamis, kita dilatih untuk mengontrol diri dan makanan yang dikonsumsi, disiplin dalam memilih makanan yang betul-betul sehat, sehingga tubuh yang awet muda dapat kita dapatkan.

Mengontrol Nafsu Seksual
Selama puasa berlangsung, tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas seksual, dan mengalihkannya dengan kegiatan-kegiatan yang lebih bermanfaat. Pengendalian seksual itulah yang apabila rutin dilakukan dapat membantu mengontrol nafsu seksual seseorang. Selain nafsu seksual, juga dapat membantu untuk mengontrol emosi sehingga tidak mudah marah-marah yang akan meningkatkan tensi atau tekanan darah tubuh.

Demikian Manfaat Puasa Senin-Kamis bagi Kesehatan. Kebiasaan yang baik perlu kita lakukan guna menjaga kesehatan. Apabila ada keluhan selama menjalani puasa, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Kombinasi PHBS dengan rutin puasa serta konsumsi makanan yang bergizi, seimbang dan teratur akan menjaga vitalitas tubuh sehingga tidak mudah sakit. 
 
Top