N3, Sumbar ~ Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyambut kedatangan Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon di Vip Room Bandara Internasional Minangkabau, Senin 23 Mei 2016. Kedatangan Fadli Zon ini dalam rangka menghadiri acara di Bukittinggi. Turut hadir Ketua DPD RI Irman Gusman yang kebetulan akan bergerak menuju Jakarta setelah sukses menyelenggarakan turnamen Irman Gusman Cup di Sumatera Barat. Selain itu, turut hadir Danlanud Padang dan Bupati Solok Selatan.

Dalam pertemuan di Vip Room BIM, Wakil Gubernur Sumatera Barat mengucapkan selamat kepada Ketua DPD RI atas suksesnya penyelenggaraan turnamen Irman Gusman Cup,  dan berhasil meraih 3 rekor muri.

Wakil Gubernur Sumatera Barat menjelaskan kepada Ketua DPD RI dan Wakil Ketua DPR RI mengenai pengembangan pariwisata di Sumatera Barat. Nasrul Abit menjelaskan saat ini kita serius dalam menyelesaika  permasalahan di tempat wisata seperti tukang pakuak, penyediaan rest area, dll. Selain itu Pemerintah Provinsi telah menginstruksikan Kabupaten/Kota untuk mempersiapkan masterplan rencana induk pariwisata, setelah masterplan selesai kita akan melakukan verifikasi dan yang terpilih akan kita bantu pengembangan pariwisatanya dengan persentase 40 Provinsi : 60 Kabupaten/Kota. Pada tahun 2017 kita langsung bergerak.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat sedang mempersiapkan Mandeh menjadi Kawasan Ekonomi Khusus. tambah Nasrul Abit.

Dari 19 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat saat ini beberapa diantaranya telah aktif dan serius dalam memngembangkan pariwisata dengan potensi masing-masing, diantaranya Kota Padang, Kota Bukittinggi, Kota Sawahlunto, Kabupaten Pesisir Selatan, dan Kabupaten Solok, tambah Nasrul Abit.

Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon berpesan kepada Bupati Solok Selatan Muhni Zakaria, agar mengekspos dan mengembangkan rumah gadang terpanjang yang berada di Solok Selatan.

“Rumah gadang terpanjang itu jika di poles dan diekspos maka akan menjadi tempat wisata yang dapat diandalkan nantinya, apalagi rumah gadang terpanjang tersebut telah tercatat kedalam rekor muri, untuk itu perlu kita kembangkan potensi ini”, ucap Fadhli Zon. Aldo
 
Top