Retrofit Kantor Gubernur Sumbar Telan Dana 22,5 Milyar

Nn, Sumbar ~ Setelah sempat mengalami gagal tender di awal tahun lalu karena tidak ada penawar, akhirnya proyek perbaikan dan perkuatan kembali atau retrofit gedung Kantor Gubernur Sumatera Barat diperkirakan akan mulai dikerjakan di Bulan Juni. Berdasar hasil tender ulang, proyek pengerjaan retrofit dimenangkan PT Cahaya Tunggal Abadi dari Jakarta.
 
Kami sendiri masih menunggu laporan lengkap dari Pokja,” terang Kepala Biro Penggelolaan Aset Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat Novrial ketika ditemui media di ruang kerjanya.

Novrial menjelaskan, dana yang dialokasikan untuk retrofit bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah-APBD sebesar 22,5 Milliar Rupiah. Diperkirakan, realisasi pembangunan fisik kantor berlantai empat dimaksud akan dimulai bulan Juni, dan diperkirakan tuntas bulan November.

“Retrofit tahun ini merupakan paket kedua. Sampai tanggal 5 Juni kontraknyo harus final dan mulai dikerjakan. Waktu penggerjaan 4 sampai 5 bulan. Untuk paket ini yang dituntaskan dulu lantai 1 dan 2,”paparnya.

Menurut Novrial, jika lantai 1 dan 2 Kantor Gubernur Sumatera Barat yang rusak akibat gempa 2009 dimaksud telah selesai diperbaiki, maka akan langsung difungsikan sebagai ruang kerja Gubernur dan Wakil Gubernur, beserta dua Biro.

Sementara Kepala Dinas Prasarana Jalan Tata Ruang dan Permukiman Sumatera Barat, Ir Suprapto sebagai pihak pelaksana mengatakan, retrofit Kantor Gubernur yang akan dimulai Bulan Juni dijadikan obyek penelitian oleh Komite Nasional Keamanan Bangunan.

“Perbaikan kantor ini akan dijadikan objek percontohan sebagai standar pembangunan gedung yang rusak akibat bencana. Mulai dari lelang, perencanaan, dan pelaksanaan dan pengawasannya akan dijadikan bahan penelitian,”pungkasnya. Zrd
Previous Post Next Post