Nn, Batusangkar -- Kita berharap pimpro dan PT Gafos segera tuntaskan pembangunan Istano Baso Pagayung, karena ada dua event besar ( Tour De Singkarak dan Malewakan Gelar Panti Ambalau Syamsul Mu'arif) yang akan digelar di Sumatera Barat pada bulan Juni 2012. 

Hal ini diugkapkan pada kunker Wagub Muslim Kasim ke Istano Basa Pagaruyung beserta rombongan. Hadir dalam kesempatan Wabup Hendri Arnis, Sekdakab Musnar, Kadis Pariwisata Drs. Busharman Bur,MM, Kadis Sosial Abdul Gafar,SE,MM, Pimpin PT Grapos Indomar Asri, serta beberapa kepala SKPD terkait dilingkungan Pemkab Tanah Datar.

Lebih lanjut Wagub Muslim Kasim menyampaikan, jangan menunggu penyerahan proyek pembangunan, kenapa tidak ada pengawasan dari pihak Pemkab untuk menjaga lingkungan Istano Basa Pagaruyung, kok ternak kambing berkeliaran saja dan kolam kok jadi tempat sampah . Kenyataan ini tidak baik, kenapa dibiaran saja, mestinya pemkab Tanah Datar dan masyarakat setempat peduli, karena ini bangunan historis duplikasi Istano dan sejarah kebanggaan seluruh masyarakat Minang.

Setelah terjadi petaka terbakar, kita telah lewati proses perencanaan, proses persiapan dan proses pembangunan. Pembangunan ini dimulai sejak April 2008 dan hingga April ini telah menjadi 4 tahun, waktu yang cukup lama. Kita menyadari kondisi persoalan bahan kayu dan persoalan tenaga ahli pembuatan ukuran dan lain. Namun rasa tidak masuk akal jika kita punya target yang jelas dalam menuntaskan pembangunan Istano Basa Pagaruyung ini. Untuk itu tanggal 15 Mai tahun ini, semua proses pembangunan ini diharapkan tuntas, termasuk asisoris dan kelengkapan istana,  tegasnya. 

Muslim Kasim juga menyampaikan, usulkan segera perencanaan dan pembangunan pagar lokasi Istano Basa, sehingga pengawasan dan pengaman istano Basa Pagaruyung dapat lebih terjamin. Selain itu kita, mesti segera membuat slogan-slogan dilokasi wisata ini, seperti Dilarang Merokok, Jangan Bung Sampah Sembarangan, jaga kelestarian dan keasrian lingkungan Istano dan lain-lain, karena ini menjadi penting pada saat petugas dapat melakukan teguran kepada pengunjung dan wisatawan yang datang. 

Karena bangunan Istano yang begitu rawan terhadap kebakaran, tentu peralatan hidran anti kebakaran agar dipasang diberbagai tempat, terutama dalam istano, jika perlu kita menyiapkan satu mobil unit kebakaran lengkap dengan petugas yang selalu stand by dilokasi. Marilah kita sungguh-sungguh memelihara kebanggan ini, karena tanpa itu siapa lagi, kreatif dan inovatif Pemkab dan masyarakat untuk memanfaatkan potensi pariwisata budaya ini tentulah menjadi harapan kita bersama, harapnya. 

Wabup Hendri Arnis dalam kesempatan itu meminta, para SKPD terkait agar melakukan sesuatu tindak yang sesuai DPA anggaran masing-masing, jika tidak kita gorokan secara bersama-sama.Untuk menjaga keindahan dan fungsi bangunan Istano ini secara baik, semua tentu berdampak baik atau buruk pada kepribadian masyarakat kita. 

Sayangkan bangunan yang telah menelan biaya total lebih kurang 20 Miliar ini, masih terabaikan. Mudah sesuai arahan ketua pembangunan Istano Basa Pagaruyung kita laksnakan dengan baik, ujarnya. 

Indomar Asri, sekalu pimpinan PT Grafos menyatakan akhir bulan april ini akan melakukan penyerahan bangunan istana kepada pemrpov. Sumbar yang sesuai dengan kontrak kerja yang disepakati. Sementara untuk asisoris dan kelengkapan lain merupakan tugas pimpro yang telah disewa kelolakan.

Kita juga berharap bangun ini akan mampu memberikan image yang lebih baik dalam menunjang kepariwisataan Sumbar, terutama pada event Internasional Tour de Singkarak pada bulan Juni mendatang, harapnya. Dalam lawatan tersebut Wagub Muslim Kasim menyempatkan diri melakukan peninjauan kesemua lokasi istano basa pagaruyung dan memeriksa hasil pekerjaan yang ada dengan berjalan kaki bersama. Zardi
 
Top