Upacara HUT RI ke 77 Di Puncak Bukit Dawua Payakumbuh


Nusantaranews.net, Payakumbuh
- Salah satu upacara bendera dalam rangka memperingati HUT ke 77 dilaksanakan secara unik di kelurahan Bulakan Balai Kandi.

Betapa tidak, pagi ini sekira jam 8:00 pagi waktu setempat dilaksanakan upacara pengibaran bendera dalam rangka HUT RI ke 77 di atas puncak bukit Dawua. (17/08) 


Bukit yang berada di kawasan kelurahan Bulakan Balai Kandi kecamatan Payakumbuh Barat  kota Payakumbuh ini menjadi lokasi yang dipilih untuk upacara.

Peserta upacara yang antusias mendaki puncak bukit Dawua pagi itu terdiri dari masyarakat Bulakan Balai Kandi, LPM beserta perangkat, Karang Taruna dan RT/RW dan serta tak ketinggalan mahasiswa KKN dari Unand dan UIN Batu Sangkar.

Upacara di pimpin oleh Sertu Edi Susanto -Babinsa Bulakan Balai Kandi sedangkan yang bertindak selaku pembina upacara adalah Lurah Bulakan Balai Kandi, Eki Oktavia S.Tr.Sos, MM. 

Dalam amanat pembina upacara Lurah Eki mengupas tema yang diusung pada HUT ke-77 kali ini, yaitu 'Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat'. Artinya, kita harus bisa cepat dalam memperbaiki keadaan dengan berbagai upaya dan daya usaha, berusaha bangkit untuk menjadi lebih kuat dengan gotong royong menjaga kesatuan dan kesatuan dalam mengisi kemerdekaan. 

Alasan pemilihan puncak bukit dawua sebagai lokasi upacara HUT RI ke 77 ini karena sebagian kawasan bukit Dawua ini masuk dalam Kelurahan Bulakan Balai Kandi. Dimana diatas puncaknya bisa dilihat dengan jelas panorama kecamatan Payakumbuh Barat khususnya Bulakan Balai Kandi sendiri. 


Diharapkan dengan memandang dari ketinggian puncak bukit terhadap kampung halaman, akan menambah syukur atas anugrah Sang Pencipta serta menambah kecintaan terhadap ibu pertiwi. 

Lurah Eki pun menjadwalkan pada HUT RI tahun depan akan dilaksanakan di lokasi semula. 

"Insya Allah tahun depan akan kita adakan lagi upacara seperti ini disini, tentunya dengan peserta yang lebih banyak lagi", pungkas Eki. (Rstp)

Post a Comment

Previous Post Next Post