Enam Desa Deklarasikan Kampung Pancasila Secara Bersama

.


Wonosobo, nusantaranews.net - Kodim 0707/Wonosobo kembali laksanakan deklarasi Kampung Pancasila, kali ini Desa Mlandi Garung, Desa Wonoroto Watumalang, Larangan Kulon Mojotengah, Desa Kalibening Sukoharjo, Desa Butuh Kalikajar dan Desa Talunombo Sapuran   secara bersama – sama mendeklarasikan sebagai Kampung Pancasila.  Pelaksanaan deklarasi bertempat di aula PLTA Garung oleh Camat Garung Subiyanto. Kamis (14/4/2022).

Kapten Inf Iwan Nafarin selaku Danramil Garung menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut di tingkat Kabupaten yang merencanakan tiap kecamatan mempunyai Kampung Pancasila. Tujuan dari berdirinya kampung tersebut adalah untuk mengenalkan kembali kepada generasi muda memahami nilai – nilai Pancasila yang saat ini disinyalir generasi muda  kurang memahami apa yang terkandung didalam Pancasila.

Subiyanto dalam pembukaannya menyampaikan selamat dan apresiasi setinggi-tingginya atas dicanangkannya Kampung Pancasila. Pencanangan Kampung Pancasila ini menjadi upaya yang positif, dalam rangka pengarus utamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Semboyan bangsa Bhinneka Tunggal Ika yang tidak dapat dipisahkan dari Pancasila, hendaknya membuat kita semua menyadari dan menerima takdir keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat, dengan menanamkan dalam diri untuk senantiasa berupaya menjaga persatuan dan kesatuan demi menjaga keutuhan bangsa.

" Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Saudara, atas komitmen yang telah dideklarasikan, untuk menjaga persatuan dan kesatuan, serta menginternalisasi dan melaksanakan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, dalam kehidupan sehari-hari.
Saya mengajak seluruh yang hadir di sini untuk senantiasa menjaga harmoni kehidupan, serta mengedepankan semangat kebersamaan, toleransi, persatuan, dan kesatuan yang akan membentengi kita dari potensi perpecahan. Sekali lagi saya tekankan, bahwa Pancasila adalah ideologi bangsa, yang wajib dijiwai, dipertahankan, dan dilaksanakan dalam setiap aspek kehidupan kita," ungkapnya.
 
Pendim0707

Post a Comment

Previous Post Next Post